Wakil Ketua DPRD DIY Jelaskan Perda Perikanan dan Kelautan serta Pariwisata di DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Suharwanta Wakil Ketua DPRD DIY menerima tamu kunjungan kerja dari DPRD Bengkulu dan DPRD Lampung pada Rabu (26/02/2020). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mencari tahu terkait Peraturan Daerah tentang Perikanan dan Kelautan serta program pariwisata dan industri kreatif DIY.

Suharwanta menjelaskan dalam rangka menjalankan visi dalam RPJMD 2022 DIY memanfaatkan laut. “DIY membuka diri, mulai menghadap samudera, dan memanfaatkan samudera. Kita coba perbarui dermaga di Kulon Progo bersama Dinas PUP – ESDM, namun selama 10 tahun masih belum berjalan. Lalu kita tawarkan bersama dengan swasta.”

Sementara terkait wisata, Suharwanta menambahkan bahwa pemda sangat mendukung upaya pengembangan pariwisata di DIY. Menurut Suharwanta, saat ini pariwisata DIY berkembang cukup pesat dengan adanya pengembangan destinasi wisata berbasis masyarakat. Pengelolaan pariwisata oleh masyarakat ini, sangat memacu peningkatan jumlah wisatawan di DIY.

Suharwanta menambahkan pemda mendorong masyarakat sekitar daerah wisata atau daerah yang berpotensi menjadi destinasi wisata untuk membuat kelompok sadar wisata (pokdarwis). Kelompok ini merupakan masyarakat setempat yang mau berpartisipasi dalam mendukung dan mengelola wisata berbasis masyarakat ini.

“Yang lagi dikembangkan itu pariwisata berbasis masyarakat. Ini sangat memberikan kontribusi terhadap kunjungan wisata. Sekarang kita dorong masyarakat untuk bentuk pokdarwis (kelompok sadar wisata) yang menjembatani objek wisata. Masyarakat menjadi pengelola dan pengembang wisata setempat, sekaligus mendorong perekonomian,” jelas Huda. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*