Yastroki Minta Dukungan DPRD DIY Terkait Kegiatan Jambore Stroke Nasional

Jogja, dprd-diy.go.id – Yayasan Stroke Indonesia (Yastroki) DIY melakukan audiensi kepada DPRD DIY pada Jumat (28/02/2020). Audiensi yang diterima oleh Huda Tri Yudiana ini dalam rangka agenda kegiatan Jambore Stroke #1 pada tanggal 17-19 Juli 2020.

Iskandar Anggota Yastroki menjelaskan bahwa kegiatan ini diadakan berdasarkan inisiasi dari komunitas ini sendiri. Menurutnya kegiatan jambore diadakan untuk menambah semangat para strokers agar tidak down serta memberikan edukasi kepada para penyandang stroke dan pencegahan kepada peserta lainnya yang masih sehat.

Iskandar mengungkapkan bahwa kegiatan yang dilakukan selama tiga hari ini terdiri dari seminar stroke milenial dan lomba menulis tentang stroke yang diumumkan pada tanggal 17 Juli 2020. Pada hari selanjutnya tanggal 18 Juli 2020 peserta akan diajak menuju embung Tambakboyo untuk mengikuti sarasehan di sana. Selanjutnya pada hari terakhir tanggal 19 Juli 2020 acara penutup akan diadakan di Candi Prambanan.

“Jambore ini diadakan untuk menambah semangat para strokers dan mengajak yang masih sehat juga peduli kepada penyakit stroke. Setelah kami ada selama sepuluh tahun, kami inisiasi kegiatan ini. Ada seminar dan lomba menulis tentang stroke. Hari Jumat kita ke embung Tambakboyo dan Hari Sabtu kita rencana akan adakan acara penutupan di Candi Prambanan,” jelas Iskandar.

Salah satu pengurusnya, Latifah, meminta bantuan dan dukungan kepada DPRD DIY atas rencana kegiatan jambore ini. Kepada Huda, Latifah menjelaskan bahwa komunitas ini sangat aktif dalam menyosialisasikan penyakit stroke serta pendampingan kepada para strokers.

Menurutnya adanya kelompok ini sangat penting dalam upaya peduli strokers yang dilakukan oleh kelompok masyarakat. Latifah menjelaskan setidaknya ada tiga hal yang menjadi tujuan dari Yastroki, yakni mengedukasi masyarakat dan penyandang stroke, membantu strokers untuk mandiri, dan memberikan motivasi para strokers.

“Kita harap ke berbagai pihak agar tahu adanya acara jambore ini. Kami sudah banyak sekali kegiatan, ini lah tugas kami sebagai masyarakat untuk peduli kepada penyakit stroke dan para penyandangnya. Kami berupaya lakukan edukasi ke masyarakat, juga agar strokers bisa mandiri, dan mendapatkan motivasi,” tuturnya.

Huda menanggapi bahwa DPRD DIY sangat mendukung adanya kegiatan Jambore Stroke Nasional karena menurutnya acara seperti ini sangat bermanfaat untuk para penyandang stroke agar semangat. Huda turut mengucapkan rasa terimakasihnya atas kepedulian kelompok Yastroki dalam mendampingi para penyandang stroke serta edukasi kepada masyarakat mengenai penyakit stroke.

Wakil Ketua DPRD DIY ini menambahkan bahwa koordinasi dan komunikasi terkait komunitas Yastroki dapat dilakukan bersama Komisi D selalu komisi yang menjadi mitra Dinas Kesehatan. Huda menuturkan bahwa Komisi D juga dapat melakukan kunjungan ke Komunitas Yastroki untuk mengetahui kebutuhan dan program dari Yastroki.

“Saya rasa ini komunikasi dan koordinasi bisa dilakukan kepada Komisi D. Mungkin selanjutnya bisa diadakan kunjungan kerja dalam daerah oleh Komisi D ke Yastroki. Mungkin kunjungannya bisa diadakan bertepatan dengan kegiatan rutin Yastroki pada Hari Selasa di embung Tambakboyo,” tegasnya. (fda).

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*