270 Mahasiswa UII Pelajari Pembentukan Perda di DPRD DIY (2)

Fakultas Hukum UII bertandang ke DPRD DIY dalam rangka belajar politik hukum dan peran legislatif dewan dalam pembentukan Peraturan Daerah (Perda) yang partisipatif. Kunjungan tersebut dibagi menjadi dua kelompok.

Yoeke Agung laksana ketua DPRD DIY berkesempatan menerima mahasiswa di raung lobby lantai 1 DPRD DIY. ketua DPRD DIY mengucapkan selamat datang kepada Dosen FH UII Nur Jihad, SH. MH dan seluruh mahasiswa, menyampaikan bahwa DPRD DIY bahagia bila kedatangan tamu dari kampus. Karena DPRD DIY ini terbuka untuk mahasiswa dan dapat di jadikan sebagai laboratorium penelitian.

Setelah memperkenalkan diri Yoeke Agung laksana menjelaskan secara umum bagaimana DPRD DIY bekerja lalu mempersilahkan mahasiswa untuk langsung mengajukan pertanyaan.

Ditanya soal terkait keistemewaan bagaimana penetapan gubernur DIY, untuk penetapan gubernur DIY semua proses sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada memang ada perbedaan bagaimana menentukan seseorang menjadi raja atau sultan itu bukan ranah atau kewenangan DPRD DIY. Proses penetapan sultan itu menjadi ranah atau kewenangan keraton begitu juga dengan wakil gubernur DIY itu merupakan kewenangan nya puro pakualaman.

Dan menjawab pertanyaan bagaimana perkembangan raperdais sekarang? Sekarang DPRD segera menyelesaikan Perdais Kebudayaan, Perdais Tata Ruang, dan juga revisi Perdais Kelembagaan. Kita optimis untuk bisa menyelesaikan ketiganya pada bulan Oktober 2017. Untuk Raperdais Kebudayaan tidak membutuhkan waktu lama untuk pembahasannya nanti, dikarenakan sudah pernah disampaikan di tahun 2016 lalu.

1 Trackback / Pingback

  1. 270 Mahasiswa UII Pelajari Pembentukan Perda di DPRD DIY (1) – e-Parlemen DPRD DIY

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*