Audiensi menerima tamu dari UGM terkait permohonan Diskusi Peningkatan Keselamatan Transportasi Anak

Jogja, dprd-diy.go.id – Meningkatnya angka kecelakaan semakin tinggi khususnya di daerah Jogjakarta sendiri dan apalagi di kalangan remaja atau anak sekolah. Hal ini yang menjadi pembahasan kali ini mengenai menerima tamu dari UGM terkait Permohonan Diskusi Peningkatan Keselamatan Transportasi Anak, Kamis (20/9/2018) yang dilaksanakan di Ruang Komisi C dimulai pukul 10.10 WIB yang dipimpin oleh Gimmy Ruson.S,SE dan dihadiri oleh anggota Komisi C, Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, Ditlantas, Gachon Univ, dan mahasiswa UGM.

Sigit Priyanto menyampaikan tujuan audiensi ini mengenai Program peningkatan keselamatan transportasi Anak. Program tersebut bekerja sama antara Universitas Gajah Mada dan Gachot universitas dari Korea selatan. Selain itu juga melebarkan tim dengan Ditlantas, Dinas Perhubungan dan Dinas Pendidikan. Kegiatan tersebut mendapatakan pendanaan dari kolegan bagian korea yang dihibahkan melalui Gachot university dan sudah berjalan 3 tahun. Jika hasinya bagus bisa dperpanjangan menjadi 3 tahun mendatang. Misalnya dari kolegan juga memberikan 2 ribu helm untuk anak-anak. Hal tersebut juga dimaparkan oleh Huh Eok selaku Gachot University yang menyampaikan bahwa dalam program peningkatkan Keselamatan Transportasi Anak, “ kami sudah mendistribusikan buku selain itu juga bersosialisasi kepada ibu-ibu dan rencanakan akan mengadakan pelatihan untuk guru-guru,” ujar Huh Eok. Dalam setiap tahunnya juga memberikan helm sebanyak 2 ribu untuk anak-anak supaya memfasilitasi selalu memakai helm. Program tersebut sebelumnya sudah dilakukan di korea yang membuktikan bahwa Korea sudah berhasil 96 % dari 20 tahun sebelumnya tingkat kecelakaan disana mencapai 1.500 orang sednagakan pada tahun 2017 tingkat kecelakaan hanya 52 orang. Huh Eok juga ingin menerapkan kerjasamanya di Indonesiam dan khususnya di daerah jogja agar tingkat
kecelakaan lalu lintas menurun.

Kapolda Ditlantas Jogja, Sulasmi juga memaparkan beberapa hal yaitu dari Ditlantas juga mempunyai beberapa program antara lain pertama, program tentang keamanan dan keselamatan lalu lintas untuk anak-anak, kedua mengenai PSA (Polisi Sahabat Anak), ketiga PKS(Polisi Kecil). Kemudian sejak tahun 2017 Ditlantas juga berkerjasama dengan UGM agar tingkat kecelakaan di jogja ini bisa menurrun khususnya pada anak-anak. Dari memaparan diatas, Gimmy emnyimpulkan bahwa Komisi C sepakat mendukung penuh segala program yanga ada terrutama pada keselamatan lalu lintas, apalagi jika adaseminar untuk anak-anak mengenai keselamatan lalu lintas. Komisi C juga siap membantu memperlancar program tersebut. Audiensi ini ditutup pukul 11.00 WIB. (fu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.