Bahas Pernikahan Dini, Seminar Kaukus Perempuan Tekankan Pentingnya Peran Keluarga

Bantul, dprd-diy.go.id – Seminar Kaukus Perempuan Parlemen DPRD DIY kembali diselenggarakan pada Selasa (16/10/2018) yang berlokasi di Hotel Gandung, Kretek, Parangtritis, Bantul. Acara seminar dipimpin dan dipandu oleh Tustiyani, S.H. selaku perwakilan anggota Kaukus Perempuan Parlemen DPRD DIY. Tema yang diangkat terkait dengan pernikahan dini, yang dijelaskan oleh dua narasumber yaitu drg. Retno Nurmawati, M.Kes serta Erwin Nizar, S.Psi, M.Si.

Seminar yang diikuti sejumlah 60 orang ini dimulai pada pukul 10.45 dengan pembukaan sekaligus sambutan dari Tustiyani, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan oleh Retno Nurmawati yang menjelaskan pernikahan dini merupakan isu yang penting untuk dikawal. Ditegaskan bahwa keluarga memiliki peran penting untuk mengarahkan perkembangan anak agar memiliki wawasan yang luas dan mampu mengembangkan diri, sehingga dapat menghindari terjadinya pernikahan dini. ditambahkan oleh Retno “Keluarga harus mengenali dan menggali potensi maupun talenta anak sejak dini, dan diarahkan untuk hal-hal yang bermanfaat bagi anak.”Retno juga menjelaskan pentingnya perencanaan dalam keluarga yang dapat dilakukan dengan mengikuti program KB.

Pemaparan dilanjutkan oleh Erwin Nizar yang menjelaskan pernikahan dini dari sudut pandang sosial, kesehatan, dan budaya. “Kasus pernikahan dini sangat banyak terjadi, kebanyakan karena kebutuhan ekonomi dan benturan adat. Beberapa masyarakat masih berpandangan negatif bila terdapat seseorang yang belum menikah di usia mendekati 20 tahun.” Jelas Erwin. Di samping itu beliau menyampaikan berbagai dampak negatif pernikahan dini, yang dapat dicegah dengan penguatan peran keluarga serta adanya revisi UU Perkawinan untuk menaikkan batas minimal usia pernikahan, sesuai dengan kematangan dari aspek kesehatan, sosial, maupun ekonomi. (ra)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.