Bapemperda Laporkan Perubahan Propemperda 2024 dalam Rapat Paripurna

Jogja, dprd-diy.go.id – DPRD DIY melaksanakan rapat paripurna dalam rangka penyampaian laporan pembahasan terhadap rencana perubahan propemperda DIY Tahun 2024 pada Selasa (26/3/2024).  Dihadiri oleh Wakil Gubernur DIY, KGPAA Paku Alam X, rapat paripurna dilanjutkan dengan penandatanganan Rancangan Keputusan DPRD oleh Ketua DPRD, Nuryadi, S.Pd.

Wakil Ketua Bapemperda DPRD DIY, Dr. H. Aslam Ridlo, M.AP., menyampaikan bahwa sebelumnya Bapemperda telah melakukan rapat bersama Pemda DIY untuk membahas surat permohonan perubahan propemperda 2024 yang dikirimkan Pemda DIY.

“Surat-surat tersebut pada intinya memohon perubahan propemperda 2024 dengan memasukkan 3 (tiga) raperda inisiatif Pemerintah Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta untuk dibahas pada Tahun 2024,” jelas Aslam

Aslam menyembutkan tiga Raperda yang dimaksud yaitu Raperdais tentang Perubahan Atas Perdais Nomor 2 Tahun 2015, Raperda tentang RPJPD DIY Tahun 2025-2045, serta Raperda tentang Perubahan Ketiga Atas Perda DIY Nomor 5 Tahun 2013.

Berdasarkan kesepakatan antara Bapemperda dan Pemda DIY dalam rapat kerja, Bapemperda memutuskan untuk memasukkan usulan-usulan tersebut dalam Perubahan Kedua Propemperda Tahun 2024.

”Adapun mengenai target pembahasan dijadwalkan Triwulan II Tahun 2024 dengan penjadwalan kegiatan mengikuti keputusan Badan Musyawarah DPRD DIY,” ungkap Aslam kepada seluruh peserta rapat paripurna.

Setelah Aslam membacakan laporan bapemperda tentang pembahasan perubahan Propemperda/is tahun 2024, seluruh anggota dewan menyepakati laporan yang disampaikan dan Ketua DPRD DIY menandatangani Rancangan Keputusan DPRD (Rakepwan) untuk dijadikan Keputusan DPRD.

Selain itu, Gubernur DIY memberikan sambutan terhadap ditetapkannya Keputusan DPRD DIY tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan DPRD DIY Nomor 94/K/DPRD/2023 tentang Propemperda/is DIY Tahun 2024 yang disampaikan oleh Wakil Gubernur DIY.

Sri Paduka menyampaikan bahwa keseluruhan judul Raperda/is di dalam perubahan Propemperda Tahun 2024 ini akan menjadi payung hukum bagi Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah yang manfaatnya akan secara langsung dirasakan oleh seluruh masyarakat DIY.

Lebih lanjut, Sri paduka berharap dengan ditetapkannya perubahan Propemperda Tahun 2024 ini akan menjadi target DPRD dan Pemda dalam melahirkan kebijakan hukum yang berbentuk perda/is yang harus diselesaikan di tahun 2024.

”Semoga Raperda dan/atau Raperdais yang ditetapkan dalam perubahan Propemperda Tahun 2024 dapat kita bahas sesuai dengan target dan dalam pembahasan nantinya dapat diberikan kelancaran dan kekuatan dari Allah SWT,” pungkasnya. (ps)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*