Barahmus Minta Dukungan DPRD DIY dalam Pengelolaan Museum dan Pelaksanaan Program Kerjanya

Terima Audiensi dari Barahmus

Jogja, dprd-diy.go.id – Nuryadi Ketua DPRD DIY menerima kedatangan dari Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY pada Selasa (7/1/2020). Kedatangan ini merupakan kali pertama bagi Barahmus DIY setelah Nuryadi menjadi Pembina Barahmus DIY pada periode ini.

Ketua Barahmus Ki Bambang Widodo mengawali dengan penjelasan bahwa Barahmus telah menyelesaikan AD-ART, Garis Besar Haluan Organisasi (GBHO), dan program kerjanya. Bambang juga menjelaskan pada tahun 2018 Barahmus sempat tidak mengadakan pameran rutin. Hal ini ditengarai tidak masuknya kegiatan ini dalam program kerja tahun 2018, sehingga tidak mendapatkan pemasukan dana anggaran.

Pada tahun 2019 Barahmus telah mengusulkan program kegiatan ini dalam anggaran perubahan. Sehingga pada tahun 2019 kegiatan pameran yang bertajuk Gelar Potensi Museum ini dapat diselenggarakan pada bulan Agustus lalu.

Kepada Nuryadi, Bambang menyayangkan pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan yang meniadakan kegiatan Gelar Potensi Museum tahun 2020. Selain itu, pada tahun 2021 bertepatan dengan usia Barahmus yang ke – 5o tahun, rencananya akan digelar acara festival museum Indonesia. Barahmus berharap DIY menjadi tuan rumah dari kegiatan yang direncanakan berjalan pada tahun 2021.

“Kemarin dikabari tidak ada lagi kegiatan Gelar Potensi Museum tahun 2020. Padahal kegiatan ini sudah dimuat dalam GBHO Barahmus.Mohon dukungan pada tahun 2021 tepat 50 tahun Barahmus, kami berencana mengadakan festival museum Indonesia,” tutur Bambang.

Gatot Nugroho Anggota Barahmus menegaskan bahwa museum tidak hanya sebagai tempat edukasi, namun menjadi fasilitas ruang bagi masyarakat lokal mengaktualisasikan seni dan budaya. Gatot menyayangkan kembali sikap pemerintah yang kurang memperhatikan pengelolaan museum, bahwa museum dapat dikembangkan menjadi ruang potensial bagi masyarakat.

Nuryadi menyatakan sepakat dengan apa yang disampaikan Gatot, menurutnya eksplorasi seni dan budaya dapat dengan pengembangan museum. Anggota Fraksi PDIP ini menegaskn bahwasanya pengelolaan dan pembinaan museum ini harus lebih dimaksimalkan. Menurutnya Barahmus harus benar – benar mendapatkan kepercayaan sepenuhnya dari pemerintah untuk mengelola museum – museum yang ada di bawahnya. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*