Calon Pimpinan DPRD DIY Sudah di Tetapkan

Jogja, dprd-diy.go.id – Selasa, (17/09/2019) DPRD DIY melaksanakan Rapat Paripurna dengan acara Pengumuman dan Penetapan Calon Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta masa jabatan tahun 2019-2024. 

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua sementara Nuryadi dan Wakil ketua sementara Huda Tri Yudiana. Selanjutnya Nuryadi membacakan usulan nama-nama calon pimpinan DPRD DIY masa jabatan 2019-2024 juga ditetapkan dengan Keputusan DPRD sebagai calon Pimpinan DPRD oleh Pimpinan sementara DPRD di dalam Rapat Paripurna sebagaimana Pasal 46 ayat (1) Peraturan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2018 tentang Tata Tertib.

Bahwa calon Pimpinan Dewan berasal dari partai politik berdasarkan urutan perolehan kursi terbanyak di DPRD dan perolehan suara terbanyak, dan sesuai Keputusan Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor : 80/HK.03.1-Kpt/34/Prov/VIII/2019 tanggal 10 Agustus 2019 tentang Penetapan Perolehan Kursi dan Calon terpilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta, maka yang berhak mendudukkan anggotanya dalam Pimpinan Dewan secara berurutan adalah sebagai berikut 1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan , 2. Partai Keadilan Sejahtera, 3. Partai Amanat Nasional dan 4. Partai GERINDRA. 

Sehubungan dengan hal itu Pimpinan Sementara telah mengirim Surat kepada ke empat Partai Politik meminta untuk menetapkan calon Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta Masa Jabatan 2019-2024 definitif.  Masing-masing Pimpinan Partai Politik tersebut telah menyampaikan surat perihal usulan dan berikut usulan nama-namanya: 

1. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan mengusulkan NURYADI, S.Pd (Ketua)
2. Partai Keadilan Sejahtera mengusulkan  HUDA TRI YUDIANA, ST (Wakil Ketua)
3. Partai Amanat Nasional mengusulkan SUHARWANTA, ST (Wakil Ketua)
4. Partai GERINDRA mengusulkan ANTON PRABU SEMENDAWAI, SH, M.Kn (Wakil Ketua)

Setelah pembacaan usulan nama-nama kemudian di lanjut dengan penandatangan naskah keputusan oleh Pimpinan Dewan yang memimpin. (az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*