Dinas Koperasi dan UMKM DIY Jelaskan Prosedur Pembentukan Koperasi

Jogja, dprd-diy.go.id – Jogja Tunas Kreatif mengunjungi DPRD DIY untuk melakukan audiensi terkait pembentukan koperasi bersama Dinas Koperasi dan UMKM DIY. Audiensi yang berlangsung pada Rabu (03/06/2020) ini dipimpin oleh Anton Prabu Semendawai, Pimpinan DPRD DIY.

Jogja Tunas Kreatif ini memohon untuk adanya fasilitasi pembentukan koperasi. Mereka berharap pada siang ini kita dapat dibentuk koperasi termasuk kelengkapannya yang sudah disiapkan.

Pada kesempatan ini Sultoni Rifai dari Dinas Koperasi dan UMKM menjelaskan beberapa hal terkait pembentukan koperasi dan syarat-syaratnya. Ia menjelaskan bahwa syarat untuk membentuk koperasi sendiri tentunya harus didasari kepentingan bersama. Kemudian bidang usahanya sudah jelas, sebab bidang usaha inilah yang akan menentukan jenis koperasinya.

Sultoni juga menjelaskan bahwa sebelum membentuk koperasi, tentunya harus disiapkan beberapa hal terkait dengan internalnya. Sultoni mengungkapkan bahwa anggota harus menyiapkan standar operasional manajemennya dan mengurus segala perizinannya.

“Secara internalnya ini harus menyiapkan standar operasional manajerialnya. Untuk membentuk badan koperasinya juga harus dengan mengurus izin-izin usahanya. Maka harus disesuaikan dengan jenis usahanya agar jelas dengan siapa saja bisa mengurus izin,” jelasnya.

Selanjutnya Yudi Yusuf dari Dinas Koperasi dan UMKM DIY juga menegaskan bahwa pada intinya saat ini semua harus dipersiapkan terlebih dahulu. Setelah semua disiapkan, paling tidak satu kali mengadakan rapat yang harus dihadiri secara fisik minimal 20 orang harus ada notulensi dan absensinya sebagai salah satu syarat mendirikan koperasi.

Anton menanggapi bahwa melihat kurangnya kelengkapan dari Jogja Tunas Kreatif, maka kemungkinan besar pembentukan koperasi tidak bisa dilaksanakna pada hari ini. Anton juga mengimbau untuk melakukan diskusi atau rapat kembali bersama anggota internal untuk melengkapi segala persyaratannya. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*