DPRD DIY Gelar Jumpa Pers Terkait Pagelaran Wayang Kulit

Jogja, dprd-diy.go.id – Kamis (15/11/2018) DPRD DIY menggelar jumpa pers terkait pagelaran wayang kulit yang bertempat di Ruang Lobby Lantai 1 DPRD DIY. Pagelaran wayang kulit akan diselenggarakan pada hari Jum’at (16/11/2018) pukul 20.00 WIB bertempat di Halaman Gedung DPRD DIY Jalan Malioboro Nomor 54 Yogyakarta. Eko Suwanto selaku Ketua Komisi A DPRD DIY menyampaikan bahwa pagelaran kali ini mengambil lakon Wahyu Makutharama dengan Dalang Ki Seno Nugroho. Disampaikan pula oleh Eko, pagelaran ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November yang lalu.

Di dalam lakon Wahyu Makutharama terdapat satu pesan yang sangat baik dimana di atas gunung Kutharungu, Begawan Kesawasidi memberikan wejangan Wahyu Makutharama diterima oleh Arjuna. Delapan hal tersebut yang ada dalam hasta brata adalah watak dari pratiwi yang berarti bumi, suryo yang berarti matahari, condro berarti rembulan, samirono berarti angin atau udara, jaladri yang berarti samudra, tirto berarti air, kartiko berarti bintang, dan dahana yang berarti api. Harapannya hasta brata bisa menjadi inspirasi bagi para pemimpin di Indonesia di dalam mengabdi untuk melaksanakan konstitusi dan mengabdi untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini menjadi sempurna dengan sikap mental para pahlawan sekaligus pemimpin yaitu keikhlasan dalam berjuang, selalu mengedepankan kepentingan bangsa, dan rela berkorban tanpa menghitung untung dan rugi.

Eko juga menyampaikan bahwa pagelaran wayang kulit sedalu natas menjadi bagian dari usaha penting di DPRD DIY untuk nguri-uri kebudayaan Jawi sebagai bagian penting didalam menjaga Keistimewaan Yogyakarta.

“Acara tersebut turut mengundang Muspida DIY, para Camat, para Lurah, ketua RW di Yogyakarta, serta tokoh masyarakat yang ada di Yogyakarta. Juga besok akan disiarkan secara live oleh JITV (Jogja Istimewa Televisi) dan PWKS (Penggemar Wayang Ki Seno Nugorho),” tutur Eko.

“Harapannya masyarakat di Yogyakarta bisa hadir di DPRD DIY untuk bersama-sama menikmati pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Juga para wisatawan yang berada di sekitar Malioboro agar bisa menikmatinya karena acara tersebut tidak dipungut biaya,” imbuh Eko untuk menutup jumpa pers kali ini. (mc)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.