Kesepakatan Dengan OPD Mengenai Draft Rekomendasi Perda No 2 Tahun 2018

Jogja, dprd-diy.go.id – Pada hari Jumat (25/03/2022) diadakan pertemuan di Rapur Lt. 1 Gedung DPRD DIY dipimpin oleh Yoserizal sebagai Ketua Pansus BA 2. Tujuan dari rapat ini adalah kesepakatan bersama dengan jajaran terkait mengenai draft rekomendasi Perda No. 2 Tahun 2018 tentang Penyelanggaran Perlindungan Anak.

Dalam rapat ini terdapat 13 draft rekomendasi dari hasil diskusi pada rapat sebelumnya. Perbaikan redaksional tidak luput dalam draft rekomendasi untuk mempertegas perda tersebut.

Melihat permasalahan yang ada di DIY terkait anak membuat pelaksanaan perda tersebut perlu melibatkan instansi terkait untuk mendorong pencegahan dan mengoptimalisasi perlindungan anak di DIY.

Seperti, melihat banyaknya anak sebagai korban penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif menjadi masalah yang serius untuk ditindaki lebih lanjut maka pemerintah daerah bersama dengan BNN melakukan deteksi dini dan melakukan edukasi terkait penyalahgunaan napza.

HIV/AIDS turut menjadi perhatian dalam perda tersebut karena mendapatkan diskriminasi dan stigma negatif di masyarakat. Maka kerjasama dengan pekerja sosial dan tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi dalam HIV/AIDS untuk melakukan penanganan anak dengan HIV/AIDS ditingkatkan.

Selain itu, aparat penegak hukum mengupayakan pemenuhan hak anak yang berhadapan dengan hukum.

Para jajaran eksekutif sepakat mengenai draft rekomendasi tersebut dengan beberapa penyempurnaan redaksional.

“Mudah-mudahan kerja kita yang kita jalankan ini bermanfaat bagi warga DIY” ucap Yoserizal.(Aca)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*