Komisi A Adakan FGD dengan Tema Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

Jogja, dprd-diy.go.id – Rabu (26/07/2019) di Ruang Bapemperda lantai 2 Gedung DPRD DIY, Komisi A menggelar jumpa pers terkait akan dilaksanakannya Focus Group Discussion (FGD). Eko Suwanto selaku Ketua Komisi A mengabarkan bahwa hari Kamis 27 Juni 2019 akan dilaksanakan FGD dengan tema “Upaya Pencegahan Radikalisme dan Terorisme” bertempat di ruang rapur lantai 2.

Komisi A akan mengundang 100 tokoh baik dari lingkungan Pemda DIY, Kepolisian DIY, Kepala Sekolah, Pusat Studi Pancasila , OSIS , Karang Taruna dan Perwakilan Sar Linmas di DIY.

Akan di hadirkan narasumber terdiri dari akademisi, kepolisian dan DPRD DIY. Dari akademisi ditunjuk Prof. Yudian Wahyudi Rektor Universitas Islam Negeri Yogyakarta Sunan Kalijaga, Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta Brigjen Pol Ahmad Dofiri dan Eko Suwanto Ketua Komisi A DPRD DIY.

Eko menyampaikan dari hasil penelitian Komisi A KESBANGPOL DIY dan UGM pada tahun 2017 tentang peta kerawanan sosial potensi konflik di DIY, ada beberapa catatan. Ancaman bertumbuh kembangnya radikalisme, intoleransi, ekstrimisme, separatisme, dan terorisme.

Setidaknya atas ancaman itu mari kita duduk bersama dan mencegah hal itu terjadi. Karena luasnya masalah itu, maka dibatasi dua hal. Pertama, strategi pencegahan, aspek penanganan, dan penegakan hukum. Secara prinsip Komisi A mendukung penuh upaya dari POLRI dan TNI dalam mengatasi masalah terorisme.

Eko menutup dengan mengatakan bahwa hasil diskusi tersebut akan menjadi bahan bagi Komisi A untuk menyusun anggaran tahun 2020. Bagaimana nantinya Pemerintahan Daerah mendukung TNI dan Polri dalam menangani radikalisme, intoleransi, ekstrimisme, separatisme dan terorisme. (az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*