Komisi A Apresiasi Gugas Covid-19 Kecamatan Sewon

Bantul, dprd-diy.go.id – Komisi A mengunjungi Kantor Kecamatan Sewon dalam rangka monitoring dan evaluasi gugus tugas (gugas) Covid-19 di Kecamatan Sewon. Komisi A ingin mengetahui secara langsung pelaksanaan pencegahan dan penanganan Covid-19 di Kecamatan Sewon yang sudah dikenal cukup progesif ini.

Danang Erwanto, Camat Sewon menjelaskan bahwa gugus tugas di Kecamatan Sewon dibentuk pada tanggal 24 Maret 2020. Sejauh ini gugus tugas telah menciptakan aplikasi pendataan para pendatang atau pelaku perjalanan.

Hingga saat ini terdata sejumlah 677 orang pendatang di Kecamatan Sewon, dengan penjabaran 142 di Desa Bangunharjo, 228 orang di Desa Panggungharjo, 244 orang di Desa Pendowoharjo, dan 63 orang di Desa Timbulharjo. Menurut keterangannya para pendatang ini akan mendapatkan pemantauan khusus dari gugus tugas setempat serta pelayanan kesehatan di pusat kesehatan masyarakat setempat.

“Kami membuat sebuah aplikasi yang bisa untuk mendata pendatang yang masuk juga pelaku perjalanan lainnya secara berkala kepada Pemda Bantul. Kami juga aktif di grup WA (whatsapp) yang anggotanya pengurus desa dan dukuh di Kecamatan Sewon juga ada aparat keamanan dan tenaga kesehatan dari puskesmas. Tujuannya tentu untuk memudahkan komunikasi dan gerak cepat penanganan Covid-19,” jelasnya.

Pengurus kecamatan sudah melakukan pendampingan pemberian bantuan dari pemerintah dengan menggunakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Danang mengatakan dalam melakukan pendampingan dilakukan verifikasi data penerima agar tidak menerima ganda serta data penerima telah meninggal atau mampu. Hal ini dilakukan dengan pencocokan data dengan dukuh masing-masing.

Menurut penjelasan Danang, dalam upaya melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 gugus tugas terus melakukan edukasi seperti stop stigma bagi penderita positif Covid-19 dan edukasi kepada para pendatang untuk melaksanakan karantina. Bersama Forum Agen BPNT se-Kecamatan Sewon yang terdiri dari 14 agen gugus tugas telah membagikan sembako sebanyak 200 paket. Selain itu, bersama ASN Kecamatan Sewon, gugus tugas telah membagikan sembako sebanyak 50 paket.

Terkait data penerima bantuan BST, Danang menyebutkan ada sekitar 1.401 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari 4 desa yakni Panggungharjo, Bangunharjo, Timbulharjo, dan Pendowoharjo. Sementara total penerima bantuan KKS sekitar 1.623 KPM, penerima bantuan BLT-DD sebesar 1.070 KPM, dan penerima bantuan top-up DIY sebesar 3.272 KPM. Danang juga mengungkapkan ada bantuan sosial yang berasal dari APBD Bantul yakni diberikan kepada 523 KPM.

“Gugus tugas memiliki agenda dalam upaya pencegahan untuk menekan laju angka positif Covid-19 di Kecamatan Sewon. Minggu ini kami akan mengedukasi toko/warung dan takmir masjid yang ada di sini untuk tetap memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan. Kami juga terus memberikan sosialisasi pentingnya penggunaan masker dan membagikan masker kepada yang belum memaki masker,” ungkap Danang.

DPRD DIY Apresiasi Gugus Tugas Covid-19 Sewon

Suwardi, wakil Ketua Komisi A mengungkapkan rasa apresiasinya kepada Camat Sewon dan jajarannya atas semangat melakukan upaya pencegahan dan penanganan Covid-19. Suwardi bahkan mengungkap gugus tugas Kecamatan Sewon dan yang ada di tingkat desanya sudah sangat aktif dan progresif melakukan tugasnya.

“Kecamatan Sewon memang beda (dari kecamatan lainnya), penjelasan dari Bapak Danang sudah merepresentasikan segala kegiatan yang dilakukan dengan efektif dan kreatif. Semangat kepemimpinan bapak camat beserta para gugus tugas memberikan dampak yang positif kepada para masyarakat sehingga bisa kita lihat jumlah positif (Covid-19) tidak bertambah lagi. Bahkan banyak yang sudah sembuh,” ungkap Suwardi menyampaikan apresiasinya.

Sementara Imam Syafi’i, Anggota Komisi A menyampaikan harapannya terkait adanya wacana status new normal di DIY. Syafi’I berharap agar gugus tugas tingkat desa hingga kecamatan di Sewon membantu melakukan sosialisasi dan edukasi terkait kesiapan melaksanakan protokol kesehatan dalam menghadapi new normal.

“Kami resah sejak Jumat kemarin terjadi penumpukan kumpulan-kumpulan di bebrapa titik. Kami titip pesan ke gugas Sewon terus beri edukasi pencegahan penularan Covid-19, agar warga harus terus mengikuti protokol Covid-19 meskipun nanti sudah ada status new normal. Semoga dalam satu pekan ini sudah ada hasilnya bisa diterapkan masyarakat,” ungkap Syafi’I menyampaikan harapannya.

Suwardi juga berpesan agar Kecamatan Sewon dan desa-desa yang ada di dalamnya konsisten melakukan pencegahan dan penanganan Covid-19. Kepada Camat Sewon, Suwardi menitipkan masyarakat Sewon kepada Camat untuk terus diberikan edukasi agar selalu menjaga kesehatan dan protokol pencegahan Covid-19. (fda)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*