Komisi A DPRD DIY Dukung Pilkada di Masa Pandemi dengan Tetap Mengedepankan Protokol Kesehatan Covid-19

Jogja, dprd-diy.go.id – Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD DIY meminta KPU DIY melakukan simulasi pada setiap tahapan pilkada, sehingga masyarakat akan dapat memahami dan mengetahui kesiapan penyelenggaraan pilkada yang dilakukan dalam perspektif Covid-19. Hal ini disampaikan.Eko Suwanto, selaku Ketua Komisi A DPRD DIY saat berdialog di RBTV bersama Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan dan Pengamat Politik UGM, Sukmajati pada Senin (12/10/2020).

“Komitmen Komisi A dengan Pemda DIY dari awal kami memang memberikan dukungan penuh terhadap penyelenggaraan pilkada DIY. Kami mengimbau agar setiap tahapan pemilu sebaiknya dilakukan simulasi, sehingga masyarakat dapat memahami dan mengetahui bahwa protokol kesehatan dilakukan saat terselenggaranya pilkada,” ungkapnya.

Untuk mencapai target terselenggaranya pilkada tersebut, Eko mengaku setiap tahapan harus menggunakan protokol Covid-19, yaitu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Menurutnya seluruh pasangan calon harus mempunyai komitmen untuk kedisiplinan menerapkan protokol Covid-19.

Eko juga menyampaikan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 77 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian CoViD-19 dapat diterapkan dengan sebagaimana mestinya.

Demikian juga dengan Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan mengajak untuk sama-sama saling menjaga dengan menerapkan protokol Covid-19 dengan baik dan harapannya dapat saling mengingatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan pada pilkada di masa pandemi.

Sementara itu, Pengamat Politik UGM, Mada Sukmajati mengatakan bahwa pilkada tahun ini menjadi momentum pilkada secara sehat terutama mengenai kebijakan publik seperti apa yang dihasilkan untuk mengatasi pandemi Covid-19.

“Kampanye menjadi tahapan yang sangat krusial karena memang tidak mudah bagi pasangan calon dan timnya di masa pandemi seperti sekarang ini. Oleh karenanya pasangan calon yang terpilih perlu merumuskan kebijakan yang dapat mengatasi pandemi Covid-19,” ujarnya. (fir)

https://www.youtube.com/watch?v=VJGpVbIdaMY

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*