Komisi A Kunjungi Kecamatan Patuk Monev Dana Desa Untuk Covid 19

Kamis 12/6/2020 Komisi A DPRD DIY melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Dana Desa untuk Penanganan Covid-19 di Kantor Kecamatan Patuk, Gunung Kidul didampingi oleh Kepala Biro Tapem DIY Bapak Sugeng Purwanto dan diterima oleh Camat Patuk R. Haryo Ambar Suwardi, SE. M.Si beserta Kepala Desa

Standar Penanganan Covid-19 di Kecamatan Patuk Gunung Kidul telah dilaksanakan sesuai protap kesehatan Covid-19 yang ada bersama dengan Bhabinkamtibmas dan Babinsa.

Dalam pertemuan tersebut Kepala Desa se Kecamatan Patuk Gunung Kidul menyampaikan bahwa  Penyaluran BST lewat Kantor Pos tidak tepat sasaran karena orang yang meninggal mendapatkan bantuan, orang yang mendapatkan bantuan PKH masih diberi bantuan dari sumber lainnya maka mohon untuk BST pelaksanaannya dievaluasi dan mohon Lurah difasilitasi bertemu dengan Dinas Sosial DIY.

Harapannya BLT Tahap II untuk penerimaan yang ke 4, 5 & 6 agar bisa disalurkan ke tempat lain yang belum mendapatkan, untuk itu mohon Desa diberi kewenangan untuk menyalurkan bantuan

Setelah mendapatkan informasi seperti yang disampaikan para Kepala Desa Eko Suwanto selaku Ketua Komisi A DPRD DIY menyampaikan, Desa agar membuat Data DTKS yang baru khususnya bagi masyarakat yang terdampak  Covid-19 dengan melibatkan Perguruan Tinggi, BKKBN dan instansi lainnya untuk menentukan fakir miskin. 

Juga Camat Patuk agar membuat Data tertulis yang baru untuk dilaporkan ke Biro Tapem DIY dan Komisi A DPRD DIY untuk dievaluasi agar tidak ada kesalahan penyimpangan dalam penyaluran bantuan.

Di akhir pertemuan EKo suwanto menyampaikan Komisi A DPRD DIY berkomitmen dalam penyaluran bantuan untuk warga masyarakat untuk sama-sama memperbaiki Data DTKS yang baru bagi warga yang akan menerima bantuan dengan melibatkan Lurah-lurah dan  Perangkat Desa dalam menyusun DTKS yang baru juga melibatkan Inspektorat setempat sejak awal untuk menyusun DTKS Tahun 2020. (az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*