Komisi D Terima Aspirasi dari LPPT UGM Berupa Draf dan NA Raperda Perlindungan Konsumen Terkait Makanan

Jogja, dprd-diy.go.id – Pada Rabu (12/6/2019) Komisi D menerima kedatangan dari Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu Universitas Gadjah Mada (LPPT UGM) di ruang Rapat Komisi D DPRD DIY. 

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari audiensi sebelumnya. Dalam kesempatan ini tim dari LPPT UGM sudah menyiapkan draf raperda dan Naskah Akademik terkait usulan raperda tersebut. Selanjutnya tim melakukan paparan terkait susunan raperda ini. 

Tim memaparkan latar belakang pentingnya perlindungan konsumen khususnya di daerah wisata seperti DIY. Juga menjelaskan tren wisata halal di belahan dunia. Kejelasan makanan atau suatu produk menjadi penting bagi warga. Pengaturan ini juga bukan untuk membatasi produk yang boleh atau tidak boleh namun memberikan kejelasan dari suatu produk.

Koeswanto selaku pimpinan rapat setelah mendengar paparan menyampaikan, “Kami akan merekomendasikan draft dan NA akan kami terus ke Pimpinan.”

Senanda dengan pimpinan Nur Sasmito anggota Komisi D juga setuju untuk ditindaklanjuti seperti itu. Beliau juga menjelaskan pernah juga ada aspirasi dari masyarakat seperti ini waktu itu terkait kebencanaan. Ada masyarakat yang konsen dengan kebencanaan. “Kita akan sampaikan ke pimpinan untuk direkomendasikan ke Bapemperda DPRD DIY untuk ditinjau. Ini adalah proses legislasi yang harus ditempuh,” tutur Nur Sasmito. (az)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*