Lakukan Outdoor Study, MAN 3 Bantul Pelajari Fungsi Legislatif DPRD DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – DPRD DIY Menerima kunjungan dari MAN 3 Bantul pada Senin (8/10/2018) terkait Peranan dan Fungsi Lembaga Legislatif di Indonesia. Kunjungan tamu diterima oleh Arif Noor Hartanto selaku Pimpinan Dewan DPRD DIY di ruang Rapur Lt.2 pada pukul 08.40 WIB. Rombongan siswa kelas 10 MAN 3 Bantul yang berjumlah 70 orang dipimpin oleh Drs. Akhid Widi Rahmanto selaku Staff Kesiswaan.

Maksud dan tujuan kunjungan dituturkan oleh Drs. Akhid “Maksud dari kunjungan ini dalam rangka kegiatan outdoor study sesuai dengan jurusan masing-masing, untuk jurusan IPS berkunjung ke DPRD DIY”.

Selanjutnya Arif memaparkan profil DPRD DIY secara garis besar, berkaitan dengan jumlah angota Dewan, perolehan jumlah kursi masing-masing Partai,alat kelengkapan Dewan, fungsi pokok DPRD, serta mekanisme pencalonan anggota Dewan. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Siswa-siswi mengajukan beberapa pertanyaan antara lain terkait kode etik DPRD, maksud dari komisi-komisi di DPRD, pelaksanaan pernyataan pendapat di DPRD, kewenangan Provinsi sebagai daerah otonom, dan ruang partisipasi masyarakat.

Kode etik merupakan aturan-aturan etika yang dalam kehidupan sosial yang tidak tertulis, namun di DPRD aturan tersebut dibuat dari segala sisi baik terkait profesi dan berbagai hal lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan penjelasan terkait komisi A hingga komisi D. Sedangkan menyatakan pendapat merupakan fase terakhir sebelum hak interpelasi dan hak angket. Kemudian terkait wewenang otonom telah diatur dalam UU No.23 Thn 2014, sedangkan terkait partisipasi dapat disampaikan melalui musrenbang dari level Daerah hingga Provinsi.

Arif menutup pemaparannya dengan petikan dari Pepatah Arab “Ditangan pemuda lah terletak perkara umat, dilangkah kakinya dipertaruhkan kehidupan umat. Jadilah seperti yang diharapkan Indonesia, yaitu pemuda yang berkakhlaq mulia, bertaqwa, sehat, kreatif, inovatif, jiwa kepemimpinan dan kebangsaan yang mampu menjadi problem solver”. Acara kunjungan diakhiri pada pukul 10.15 dengan penyerahan kenang-kenangan dan ramah tamah. (ra)

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.