LKPJ Gubernur DIY Ditetapkan dalam BA Nomor 9 Tahun 2019

Jogja, dprd-diy.go.id – Senin (25/3/2019) DPRD DIY menggelar Rapat Paripurna dengan acara Penghantaran Gubernur DIY terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur DIY Tahun Anggaran 2018 tersebut dalam Bahan Acara (BA) Nomor 9 Tahun 2019. Acara dilanjutkan dengan persetujuan dan penetapan pembentukan Panitia Khusus (Pansus) BA 9 Tahun 2019 serta penetapan Pimpinan dan Anggota Pansus BA 9 Tahun 2019.

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, menyampaikan bahwa pengembangan agribisnis secara terpadu harus terus diupayakan. Mengingat intensivitas akan mencapai titik optimal, sementara kuantitas lahan pertanian sangat terbatas. Kontribusi sektor industri dan perdagangan dalam struktur Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) DIY semakin meningkat dan capaiannya melebihi target 2018. Pesatnya industri tersebut menggambarkan adanya aktivitas perdagangan yang semakin positif. Hal ini ditunjukan dengan pendapatan per kapita, tingkatan pengeluaran pemerintah untuk pembangunan, dan skema kebijakan lokal untuk menciptakan pasar di daerah.

Gubernur juga menyampaikan capaian kinerja pelaksana anggaran keistimewaan tahun 2018. Anggaran yang sebesar 1 triliyun rupiah untuk membiayai 26 program dan 96 kegiatan dengan tingkat capaian fisik sebesar 98,99% dan keuangannya sebesar 96,28%. Secara umum dapat digambarkan bahwa pelaksanaannya sudah lebih berkualitas dari tahun sebelumnya. Peningkatan alokasi anggaran keistimewaan terus meningkat dari tahun ke tahun, dipengaruhi oleh perencanaan dan pengendalian yang semakin membaik. Menurut Pemerintah Pusat, alokasi anggaran DIY lebih efektif dan lebih baik dibandingkan dengan daerah khusus lainnya.

Selain itu dalam dokumen LKPJ juga dibahas sejumlah program pelaksaan program strategis yang menjadi perhatian khusus. Pelaksanaan tersebut memiliki dampak signifikan dalam mengatasi permasalahan wilayah sacara efektif. Beberapa permasalahan yang diatasi yaitu progres perlindungan lahan pertanian berkelanjutan, penanggulangan kemiskinan, pembangunan bandara New Yogyakarta International Airport (NYIA), progres pelabuhan Tanjung Adikarto, implementasi reformasi birokrasi, Jogja Agro Technopark, pembangunan Taman Budaya, penataan kawasan kumuh, pengembangan jaringan jalan lintas selatan, stadion Mandala Krida, RSUD Internasional Wates, pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional, pembangunan smart province, serta konektivitas kawasan Prambanan. Progres tersebut sangatlah penting untuk mengetahui keberlanjutan dan skema keberlanjutannya pada tahun selanjutnya.

Melalui keputusan DPRD DIY dan hasil pembahasan dalam Rapat Paripurna, berikut susunan Pimpinan dan Anggota Pansus BA 9 Tahun 2019:

Ketua              : Tutiek Masria Widyo (Fraksi PAN)

Wakil Ketua    : Edy Susila (Fraksi PPP)

Anggota          :

  1. Eko Suwanto (Fraksi PDI-P)
  2. KPH. Purbodiningrat (Fraksi PDI-P)
  3. Nuryadi (Fraksi PDI-P)
  4. Sadar Narima (Fraksi PAN)
  5. Sukarman (Fraksi Golkar)
  6. Slamet (Fraksi Golkar)
  7. Albani (Fraksi Gerindra)
  8. Nandar Winoro (Fraksi PKS)
  9. Aslam Ridlo (Fraksi PKB)
  10. Subarno (Fraksi Nasdem)

(fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*