Pansus Bahas Matriks Program Rencana Umum Energi Daerah

Jogja, dprd-diy.go.id – Suharwanta, Ketua Pansus BA 19 Tahun 2019 memimpin rapat kerja Pansus di Ruang Bapemperda  DPRD DIY pada Senin (5/8/2019). Membahas Raperda tentang Rancangan Umum Energi Daerah (RUED). Rapat ini dihadiri oleh  Pimpinan dan Anggota Pansus serta Lembaga Eksekutif terkait.

Rapat kali ini membahas tentang lanjutan dari Matriks Program Rencana Umum Energi Daerah DIY tahun 2019 sampai dengan 2050. Penjelasan pertama yaitu mengenai kebijakan lima terkait harga, subsidi dan instensif energi. Rencana programnya antara lain pengaturan harga energi, pemberian instensif penggunaan energi baru dan terbarukan, serta pemberian instensif penggunaan transportasi massal. Program ini berkaitan dengan kelembagaan Dinas PUP-ESDM, Disperindag, Biro Ekonomi, BPKAD, dan Dinas Perhubungan.

Kedua, penjelasan pada matriks program kebijakan enam terkait infrastruktur dan akses energi. Rencana program yang diajukan yaitu pembangunan infrastruktur listrik dan peningkatan akses memperoleh BBM dan LPG. Program tersebut berhubungan dengan Dinas PUP-ESDM, Dinas Pariwisata, PLN, BUMD, dan Pertamina.

Selanjutnya  yang ketiga membahas tentang matriks program pada kebijakan tujuh terkait kemampuan pengelolaan energi. Program yang diajukan yaitu penyusunan rencana program  pengembangan kemampuan pengelolaan energi dan pemberdayaan masyarakat untuk menunjang keberlanjutan instalasi EBT. Hal ini berhubungan dengan Dinas PUP-ESDM, Bappeda, BPSDM, Dinas Pendidikan, NGO, SMK-SMK dan Universitas.

Sebelum rapat di akhiri Suharwanta menegaskan untuk memperbaiki penataan kalimat pada rancangan peraturan daerah. Suharwanta menyampaikan informasi bahwasannya kemungkinan pada awal Agustus nanti akan diadakan Public Hearing dan pada 12 Agustus 2019 akan dilaksanakan finalisasi pembahasan. (muk)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*