Pansus Raperda Pengelolaan dan Pembangunan Wilayah Perbatasan DIY Susun Agendanya

Jogja, dprd-diy.go.id – Setelah dibentuk pada hari sebelumnya, Rabu (6/11/2019) Pansus yang membahas Raperda Pengelolaan dan Pembangunan Wilayah Perbatasan DIY mengadakan rapat kerja. Pada pertemuan ini Pansus menyusun jadwal kegiatan kerja Pansus yang termuat dalam bahan acara nomor 38 tahun 2019.

Suwardi Ketua Pansus menyampaikan bahwa Pansus Raperda Pengelolaan dan Pembangunan Wilayah Perbatasan DIY memiliki waktu kerja hingga awal Desember 2019. Kepada lembaha eksekutif yang hadir, Suwardi bersama anggota pansus lainnya menjelaskan jadwal kegiatan berdasarkan keputusan badan musyawarah.

Berdasarkan hasil pembahasan pansus akan melakukan konsultasi ke Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP). Instansi ini dipilih disebabkan pansus ingin mencari tahu mengenai tata kelola dan koordinasi keterkaitan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Konsultasi akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2019.

Sementara itu kunjungan kerja pansus dilakukan pada tanggal 19-22 November 2019. Rencananya kunjungan kerja akan diadakan dengan opsi ke Kota Makassar atau Provinsi Kepulauan Riau. Pemilihan daerah tersebut disebabkan kedua daerah tersebut memiliki banyak kawasan perbatasan.

Selanjutnya pada tanggal 18 November 2019 pansus akan mengadakan kegiatan public hearing dengan mengundang berbagai pihak terkait juga masyarakat yang berada di kawasan perbatasan. Pada tanggal 25 November 2019 pansus mengadakan rapat kerja dengan mengundang pakar yang akan memberikan saran dan masukan sesuai disiplin ilmunya.

Kegiatan pembahasan pansus ini akan berakhir pada awal Desember 2019 dimana finalisasi akan diadakan pada tanggal 3 Desember 2019 dan harmonisasi pada 4 Desember 2019. Seluruh peserta rapat kerja pansus menyepakati jadwal kegiatan yang sudah ditentukan. Selanjutnya pansus akan memulai pembahasan naskah akademik dan draf pada keesokan harinya. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*