Pelantikan KPP DPRD DIY dan KPP DPRD Kabupaten/Kota Se-DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Pada Kamis (04/03/2021) diadakan pelantikan Pengurus Kaukus Perempuan Parlemen (KPP) DIY dan Kabupaten/Kota se-DIY. Acara pelantikan yang berlangsung di Gedung DPRD DIY ini dihadiri oleh KPP DIY, perwakilan KPP dari keempat kabupaten di DIY dan Kota Yogyakarta, serta para pengurus KPP RI.

Sebelum memasuki prosesi pelantikan, Retno Sudiyanti menyampaikan laporan Ketua Panitia. Retno menyampaikan bahwa berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh KPP DIY, salah satunya adalah penyelenggaraan seminar.

“Berbagai kegiatan KPP DIY khususnya seminar telah dilaksanakan dengan mengangkat berbagai tema di berbagai bidang. Kami mengundang pakar sesuai dengan ahlinya sehingga apa yang disampaikan memiliki nilai informasi yang berkualitas,” ungkapnya.

Retno berharap pelantikan KPP DIY dan KPP kabupaten/kota se-DIY dapat memperkuat keberadaan KPP untuk memperjuangkan peran dan eksistensi perempuan di kancah politik pada khususnya dan berbagai bidang pada umumnya.

“Kami telah berusaha secara optimal agar di dalam menyelenggarakan kegiatan pelantikan pada hari ini dapat terselenggara dengan sebaik-baiknya,” kata Retno.

Casytha A. Kathmandu, Wakil Sekretaris Jenderal KPP RI pada prosesi pelantikan ini membacakan Surat Keputusan (SK) Pengurus KPP DIY dan kabupaten/kota se-DIY. Pelantikannya sendiri dipimpin oleh Badikenita Br. Sitepu selaku Presidium KPP RI.

Setelah dilantik, dilaksanakan penandatanganan berita acara oleh Rany Widayati selaku Ketua KPP DIY dan Badikenita Br. Sitepu. Selanjutnya setiap perwakilan dari KPP DIY dan KPP kabupaten/kota se-DIY menerima SK dari pengurus KPP RI.

Rany menyampaikan sambutan sebagai Ketua KPP DIY. Rany mengungkapkan KPP ini merupakan wadah berkumpulnya para perempuan anggota legislatif yang sangat strategis dalam memperjuangkan kepentingan perempuan dan anak.

“Dalam tugas pokok dan fungsinya peran strategis tersebut dapat diwujudkan dalam upaya pengawalan alokasi anggaran, pembuatan kebijakan dan pengawasan yang lebih sensitif terhadap perempuan terutama di masa pandemi,” jelasnya.

Menurutnya KPP harus lebih berperan dalam kepentingan perempuan dan anak agar tidak terabaikan. Ia mengungkapkan banyak anggota KPP yang selama ini masih kurang memanfaatkan data dalam memperjuangkan kepentingan perempuan dan anak.

“Saya selaku Ketua KPP DIY berharap semua Anggota KPP DIY dan kabupaten/kota memanfaatkan data untuk memperjuangkan kepentingan perempuan, anak, lansia, difabel serta kelompok rentan marginal,” imbuhnya.

Pada kesempatan ini Huda Tri Yudiana, Wakil Ketua DPRD DIY turut menyampaikan sambutan. Pada sambutannya ia berharap dapat mendorong upaya KPP untuk lebih bersemangat dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Keterwakilan perempuan minimal 30% dalam partai politik. Kenyataann bahwa sampai saat ini baik di DPR maupun daerah (DPRD) keterwakilan perempuan belum seperti yang diharapkan. Meningkatnya kiprah KPP untuk memberikan kesadaran politik diharapkan nantinya mampu diwujudkan (keterwakilan),” tutur Huda.

Huda melihat selama ini kiprah KPP cukup aktif dalam melaksanakan kegiatan dan perannya sebagai legislatif. Menurutnya antusiasme yang tinggi dalam penyelenggaraan kegiatan menunjukan pertumbuhan yang lebih baik di masa mendatang.

“Secara pribadi saya yakin bahwa saatnya nanti apabila kepengurusan KPP di seluruh Indonesia juga aktif, maka harapan keterwakilan 30% juga menjadi kenyataan,” harapnya.

Acara pelantikan ini kemudian dilanjutkan dengan kegiatan seminar KPP yang diisi oleh Badikenita Br. Sitepu dan Trias Setiawati, Ketua Pusat Studi Gender UII. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*