Percepatan Pemulihan Sektor Pariwisata, DIY Ingin Permudah Akses Wisatawan Bali-Jogja

Bali, dprd-diy.go.id – Komisi A DPRD DIY berkunjung ke Dinas Pariwisata Provinsi Bali pada Senin (06/06/2022). Kunjungan ini dilakukan dalam rangka mempermudah akses wisatawan Bali-Jogja.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun, pariwisata Bali saat ini sudah mengalami pemulihan. Sejak dibukanya penerbangan internasional Februari 2022 lalu, wisatawan asing mulai banyak berdatangan ke Bali. Hal tersebut dikarenakan akses transportasi yang sudah dibuka dengan syarat yang juga dipermudah.

“Memang masih jauh dari sebelum pandemi yang sampai 20 ribu perhari, namun sudah ada peningkatan positif. Bali saat ini sudah bebas karantina dan visa on arrival 72 negara saat ini, termasuk bebas visa untuk Asia,” ujar Pemayun.

Menurut Ketua Komisi A DPRD DIY, Eko Suwanto, perlu adanya diskusi lanjutan untuk meningkatkan penerbangan Jogja-Bali maupun Bali-Jogja. Diperlukan kerja sama antara Pemda DIY dengan Pemprov Bali untuk memudahkan akses wisatawan domestik maupun mancanegara.

Selain itu, Eko menambahkan bahwa DIY juga perlu belajar dari Bali dalam pengelolaan dan pengurangan sampah plastik. Aturan yang melarang penggunaan plastik bagi hotel-hotel dan restoran di Bali dinilai berdampak signifikan pada pengurangan limbah plastik.

“Kemarin DIY mengalami persoalan sampah, harapan kami juga ada tindak lanjut aturan yang membatasi penggunaan plastik untuk mengurangi sampah. Kita bisa wujudkan ekosistem wisata berkelanjutan di DIY, seperti Bali,” ujar Eko.

Melanjutkan pembahasan tentang kerja sama pariwisata, Tjok Pemayun menyebut bahwa Bali sudah membangun kerja sama yang baik dengan DIY. Masing-masing pihak saling mempromosikan pariwisata, dan kerja sama juga sudah terjalin antara Asita Bali dan Asita DIY, untuk menawarkan paket-paket wisata Bali-Jogja.

Tjok Pemayun menegaskan bahwa pihaknya ingin agar wisatawan dari Bali melanjutkan kunjungannya ke Jogja atau tempat lain. Apabila ada kerja sama yang lebih intensif kedepannya, Bali siap berkolaborasi.(*)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*