Perda Pancasila dan Wawasan Kebangsaan adalah Perda Pertama di Indonesia

Jogja, dprd-diy.go.id – Pada hari Kamis (25/11/2021)  DPRD DIY menggelar rapat Panitia Khusus BA 29 tahun 2021 terkait pembahasan Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Rapat ini di pimpin oleh Eko Suwanto selaku Ketua Pansus. Rapat dilaksanakan di Ruang Rapat Lt.1 gedung DPRD DIY. 

Pada agenda pembahasan kali ini Eko menekankan tentang  penyempurnaan draft Raperda tentang finalisasi pancasila dan wawasan kebangsaaan. Pansus menganggap bahwa raperda ini sangat penting karena masyarakat di era sekarang sudah mulai melupakan nilai-nilai pancasila. 

“Anak-anak dan ibu-ibu sekarang kalau ditanya Pancasila kadang lupa, bisa repot nanti kalau orang Indonesia sudah tidak paham sama Pancasila.” tegasnya

Rapat kali juga adalah proses lanjutan dari kegiatan public hearing yang diselenggarakan 15 november 2021 lalu. Eko menambahkan bahwa public hearing yang diadakan sangat bermanfaat karena dengan adanya kegiatan tersebut, Pansus bisa mendapatkan masukan-masukan yang sangat berguna untuk proses finalisasi Raperda.

“Hari ini saya harap dapat selesai dengan cepat dan efisien karena mengingat pentingnya Raperda ini”,  ungkapnya.

Rapat kali ini juga dihadiri oleh Biro Hukum dan Kemenkumham. Biro Hukum menganggap tidak ada  banyak hal yang perlu diperbaiki dalam draf Raperda kali ini, hanya beberapa redaksinonal dan legal draftingnya saja yang perlu disempurnakan.

Kominfo Yogyakarta juga berkomitmen dalam diskusi kali ini untuk ikut andil menyebarkan informasi mengenai Raperda Pancasila dan Wawasan Kebangsan agar seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan manfaatnya.

Dalam penutupnya, Eko mengatakan bahwa Perda Pancasila dan Wawasan Kebangsaan adalah Perda pertama di Indonesia dan semoga nantinya daerah-daerah lain yang sedang merancang Perda yang sama dapat menjadikan Perda DIY ini sebagai acuan. (az)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*