PU FRAKSI GERINDRA DPRD DIY Terhadap Rancangan Perda DIY Tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Jumat (12/7/2019) DPRD DIY menggelar Rapat Paripurna dengan acara Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD DIY terhadap Penjelasan Gubernur DIY terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) tersebut dalam Bahan Acara Nomor 19 tahun 2019.

Utusan dari Fraksi GERINDRA ialah Anton Prabu Semendawai sebagai juru bicara membacakan Pemandangan Umum Fraksi GERINDRA DPRD DIY Terhadap Rancangan Perda DIY Tentang Rencana Umum Energi Daerah (RUED) DIY.

Fraksi Partai Gerindra mendukung sepenuhnya dengan adanya raperda Rencana Umum Energi Daerah (RUED) DIY, khususnya untuk memenuhi kebutuhan energi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat, pemerintah, pelaku bisnis, hingga kebutuhan transportasi dan lainnya. Adapun beberapa pertanyaan yang kami ajukan adalah sebagai berikut.

  1. Yogyakarta tidak mempunyai sumber energi fosil. Yogyakarta mempunyai ketergantungan terhadap sumber energi cukup tinggi. Akan tetapi D.I Yogyakarta mempunyai potensi sumber daya lokal yang bisa dioptimalkan sebagai energi. Bagaimana strategi pemerintah daerah D.I Yogyakarta untuk mendorong upaya pemenuhan energi yang selalu meningkat dan mendorong peningkatan pemenuhan dari sumber energi lokal?
  2. Mengenai kelangkaan sumber energi yang beredar di masyarakat, khususnya energi kebutuhan rumah tangga bersubsidi berupa gas LPG, bagaimana strategi kebijakan pemerintah daerah untuk mengatasi kelangkaan sumber energi rumah tangga tersebut dalam konteks ketersediaan energi di D.I Yogyakarta?
  3. Kebutuhan untuk menggali potensi energi lokal, khususnya energi baru dan terbarukan menjadi penting dilakukan. Masyarakat dan stakeholders sudah beberapa melakukan penelitian dan pengembangan energi baru dan terbarukan, khususnya dari proses daur ulang limbah atau sampah. Pertanyaannya adalah bagaimana pemerintah daerah D.I Yogyakarta mendukung kebijakan penelitian dan pengembangan energi baru dan terbarukan tersebut agar bisa termanfaatkan oleh masyarakat luas?

Selengkapnya dapat di unduh di bawah ini

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*