Raker Perdana Pansus BA 21 Tahun 2022 Bahas Raperda Tentang Penyelenggaraan Kerjasama Daerah Bersama Tenaga Ahli

Jogja, dprd-diy.go.id – Panitia Khusus BA 21 Tahun 2022 melaksanakan rapat bersama tenaga ahli untuk membahas naskah akademik Raperda Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah pada hari Rabu (10/08/2022). Rapat tersebut diikuti oleh OPD terkait seperti Biro Tata Pemerintahan, Bappeda DIY serta Dinas Perizinan dan Penanaman Modal.

Pada rapat ini, Bening Hadilinatih selaku Tenaga Ahli menjelaskan rincian aspek perlunya naskah akademik Raperda Penyelenggaran Kerja Sama daerah ini dibuat yakni kelembagaan, pembiayaan, berakhirnya kerja sama daerah serta pemantauan dan evaluasi.

Bening menyampaikan penjelasan terkait naskah akademik Raperda Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah. Ia menjelaskan bahwa sejauh ini kerja sama Pemda DIY masih memiliki banyak evaluasi seperti belum adanya bukti kesejahteraan yang signifikan baik itu kerja sama dalam negeri, luar negeri, termasuk masyarakat dan swasta. Selain itu, masih adanya sarat beban dan sulit koordinasi, beberapa kerja sama yang tidak berjalan atau sudah selesai namun masih tetap tercatat karena tidak ada pengakhiran dan struktur organisasi OPD atau Biro masih tumpang tindih demikian juga dengan tata kerja dan kewenangan.

Bening juga menjelaskan bahwa metodologi yang digunakan yakni metode pendekatan yuridis normatif yang artinya mereka mulai mempelakari peraturan – peraturan daerah dan norma – norma yang berlaku di masyarakat. Pengumpulan datanya sendiri yakni dengan wawancara atau kuisioner, bahan hukum primer, peraturan – peraturan, kajian terdahulu, bahan kepustakaan akademis, serta Focus Group Discussion (FGD).

Rio Kamal Syiefa selaku Kepala Sub Bagian Pembentukan Produk Hukum Sekretariat DPRD DIY menanggapi perlunya nota kesepahaman, nota kesepakatan, rencana kerja, kesepakatan bersama dan perjanjian kerja sama.  Ia berharap nantinya akan ada perincian yang sesuai dalam pasal – pasal. “Ada beberapa hal yang mungkin nanti akan kita rinci tentunya didalam pasal perpasalnya,” ungkapnya.(Ms)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*