Rapat Kerja Forum Komunikasi ASDEPSI

Jogja, dprd-diy.go.id – Minggu (27/12/2020) berlangsung pembukaan kegiatan Forum Komunikasi Asosiasi Sekretaris DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ASDEPSI). Pada kesempatan ini, Ketua DPRD DIY, Nuryadi dan Ketua ASDEPSI, Hadameon Aritonang turut menghadiri kegiatan yang diikuti oleh perwakilan Sekretariat DPRD di Indonesia.

Turut hadir Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji mewakili Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dalam kegiatan di Ball Room Royal Ambarrukmo Yogyakarta. Forum ini merupakan rapat kerja pimpinan dan anggota ASDEPSI untuk membahas persoalan strategis terkait kebijakan administratif yang mendukung tugas pokok dan fungsi Anggota DPRD serta pelaksanaan program kebijakan pada masa pandemi.

Aji menyampaikan sambutan dalam acara ini serta mengucapan selamat dan apresiasi atas terselenggaranya agenda rapat kerja ini. “Semoga dapat menjadi sarana berdiskusi, bertukar pikiran, menyebarkan praktik baik merujuk pada pengalaman yang dialami, dan inovasi yang telah dilakukan di masa pandemi ini,” ungkap Aji.

Melalui sambutannya Nuryadi juga berharap agar pada forum ini dapat disepakati masukan-masukan administratif untuk membantu tugas pokok fungsi anggota DPRD.

“Harapan kami pertemuan nanti akan melahirkan kebijakan administratif yang mendukung tugas pokok dan fungsi kami. Komitmen dan kapasitas dewan yang harus ditingkatkan agar tugas pokok dan fungsi DPRD dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya, namun juga kapasitas dan komitmen saudara tidaklah kalah penting,” ungkapnya.

Nuryadi mengungkapkan bahwa Sekretariat merupakan bersifat administratif, sebab jabatan Anggota DPRD sifatnya politis. Kolaborasi jabatan politis dan administratif yang baik pada akhirnya akan mampu meningkatkan kinerja, meningkatkan citra, dan meningkatkan kepercayaan rakyat kepada DPRD.

“Kepercayaan rakyat merupakan modal utama kami untuk menjalankan tugas pokok dan fungsi kami sebagai wakil rakyat dalam budgeting, penetapan peraturan daerah dan dalam menjalankan tugas di bidang pengawasan,” tutur Nuryadi.

Sekretaris DPRD DIY, Haryanta menyampaikan apresiasi atar kehadiran para tamu undangan beserta para peserta Forum Komunikasi ASDEPSI dalam agenda kali ini. Haryanta mengingatkan untuk dapat tetap menjaga protokol kesehatan agar dapat menjalankan kegiatan dengan aman dan nyaman.

“Kami harap protokol kesehtan ini dapat tetap dilaksanakan, demi kelancaran acara dan kenyamanan bersama. Kami berharap kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi dalam rangka untuk memerlancar kegiatan DPRD. Posisi Sekwan ini strategis sekaligus menjadi penghubung DPRD dengan Gubernur,” ungkapnya dalam sambutan.

Adapun seremonial pembukaan ditandai secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Nuryadi didampingi Sekda DIY dan Ketua ASDEPSI yang disaksikan oleh para hadirin. Setelah dilaksanakan acara pembukaan, rapat kerja Forum ASDEPSI sendiri akan berlangsung selama dua hari pada tanggal 28-19 Desember 2020. (*)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*