Rapat Kerja Komisi A Bahas RAPBD DIY Tahun 2024 dengan Sekretaris DPRD DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Komisi A membahas Rancangan APBD DIY tahun anggaran 2024 pada Jumat (10/11/2023). Pada pertemuan ini Komisi A melakukan pembahasan dengan mitra kerjanya yakni Sekretariat DPRD DIY. 

Terkait dengan rencana pembangunan Gedung DPRD DIY yang akan dimulai pada tahun 2024, Ketua Komisi A, Eko Suwanto, S.T., M.Si. mengungkapkan agar dapat segera dilakukan pembahasan kembali. Ia berharap pihak Sekretariat DPRD DIY dapat melakukan koordinasi dengan pihak – pihak terkait soal anggaran dan rencana pembangunan gedung tersebut. 

Hal ini menurutnya penting agar pembangunan gedung sesuai dengan aturan yang berlaku dengan mengedepankan asas kehati – hatian. Eko berharap agar Sekretaris DPRD DIY dapat melakukan konsultasi terkait hal ini pada Pimpinan DPRD DIY maupun Gubernur DIY. 

Sekretaris DPRD DIY, Drs. Imam Pratanadi, M.T. yang hadir pada rapat kerja ini menyatakan siap agar segera melakukan pembahasan terkait dengan rencana pembangunan gedung DPRD DIY agar tetap sesuai dengan aturan yang berlaku. Menurutnya memang perlu pembahasaan kembali sebelum disahkan dan masuk dalam APBD DIY tahun 2024. 

Sementara menurut Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) menuturkan bahwa rencana pembangunan gedung ini memang sudah dibahas sejak lama dan masuk dalam Rencana Strategis (Renstra) 2022 – 2027. Pihak TAPD mengimbau agar pembahasan soal rencana pembangunan ini dapat dilakukan segera dan diharapkan dapat berjalan sesuai dengan rencana awal. 

Selain itu, Eko mengingatkan Sekretaris DPRD DIY agar pada tahun 2024 dapat diterapkan pembahasan rincian angagran dan kegiatan per bulan. Hal tersebut guna mempermudah Badan Musyawarah dalam melakukan pembahasan agenda serta anggaran saat itu.

“Sekwan (Sekretaris DPRD DIY) dapat mulai bahas catatan pelaksanaan (kegiatan) per bulan. Ini bisa jadi panduan untuk Banmus dalam penentuan kegiatan, sehingga dalam penganggaran ketika ada maju mundur kegiatan, pergeseran angkanya tidak akan banyak,” ungkap Eko sebelum menutup rapat kerja. (fda) 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*