Rapat Kerja Bapemperda Bahas Hasil Evaluasi dan Fasilitasi Kemendagri

Jogja, dprd-diy.go.id – Yuni Satia Rahayu memimpin rapat kerja Bapemperda DPRD DIY pada Kamis (16/01/2020). Rapat ini diadakan untuk membahas hasil evaluasi dan fasilitasi dari kedua raperda yang telah dibahas pada tahun 2019 lalu. Dewo Isnu Broto Kepala Biro Hukum DIY turut menyampaikan progres kesiapan pelaksanaan propemperda triwulan I tahun 2020 dalam pertemuan siang hari ini.

Pada rapat kerja yang juga dihadiri Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji ini, Dewo menyampaikan hasil evaluasi terhadap Raperda Perubahan Ketiga Atas Perda Nomor 12 Tahun tentang Retribusi Jasa Usaha. Berdasarkan keterangannya hasil evaluasi dari raperda ini tidak memiliki kendala dan tidak ada perubahan.

Sementara itu terhadap Raperda Tata Cara Penyusunan Rencana Pembentukan Perda dan/atau Perdais, Dewo menyampaikan adanya perubahan pada judul raperda. Kemendagri merubah judul raperda menjadi ‘Raperda Tata Cara Penyusunan Pembentukan Perda dan/atau Perdais’.

Terkait hal tersebut Dewo mengusulkan agar segera diadakan pertemuan lebih lanjut untuk mendiskusikan tindak lanjut dari hasil fasilitasi raperda ini. Menurutnya perubahan pada judul ini sangat krusial, sehingga perlu dipikirkan kembali solusinya.

Aslam menyatakan sepakat dengan usulan dari Dewo. Aslam mengimbau pihak – pihak terkait agar segera melaksanakan diskusi untuk mengambil keputusan atas hasil fasilitasi dari raperda ini.

“Kenyataan yang ada saat ini adalah kita menunggu hasil evaluasi dan fasilitasi lebih dari 14 hari dari Kemendagri, ini kendalanya. Seharusnya raperda itu sampai disahkan masih dalam ranah DPRD, namun yang terjadi ketika di Kemendagri DPRD tidak diikutsertakan sehingga tidak tahu perubahannya seperti apa. Di sisi lain kita (pemerintahan DIY) harus mengikuti hasil keputusan dari Kemendagri,” imbuhnya. (fda)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*