Harmonisasi Raperda Pembentukan Produk Daerah dan Pembahasan Rancangan Tata Tertib

Jogja, dprd-diy.go.id – BAPEMPERDA (bAgenda terkait Harmonisasi Hasil PANSUS BA No.28 Tahun 2018 tentang Raperda  tata Cara Pembentukan Produk Hukum Daerah serta Harmonisasi hasil PANSUS BA No.30 Tahun 2018 Pembahasan Rancangan Peraturan DPRD DIY tentang Tata Tertib.

Rapat dimulai pukul 14.00 yang dipimpin oleh Rendradi Suprihandoko untuk membahas Raperda dari hasil Panitia khusus masing-masing. Bambang Chrisnadi menjelaskan secara garis besar tata cara pembentukan produk hukum daerah mengalami beberapa perubahan dalam beberapa pasal nya. Meski begitu perubahan tersebut tidak signifikan, hanya beberapa penyesuaian dengan PP, adanya pandangan baru, serta beberapa perkembangan keadaan lainnya.

Sedangkan terkait dengan pembahasan rancangan peraturan mengenai tata tertib, disampaikan oleh Agus Sumartono bahwa pada Rancangan Peraturan Dewan masih terdapat beberapa perubahan secara nomeklatur dan beberapa perubahan terkait dengan fungsi pengawasan dewan serta proses perencanaan. Agus juga menyampaiakan bahwa berdasarkan masukan dari Kemendagri, terkait dengan Rapat Paripurna kini hanya dibagi menjadi dua, yaitu Rapat Paripurna untuk pengambilan keputusan, serta Rapat Paripurna Pengumuman.

Dilanjutkan dengan pandangan dari Pimpinan Dewan yang disampaikan oleh Dharma Setiawan,  bahwa perlu diperhatikan beberapa hal untuk melakukan penyesuaian dari hal-hal yang sudah disampaikan dalam rapat, agar tidak terjadi tumpang tindih dalam kebijakan yang akan dibuat. (ra)

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.