Keluhkan Permasalahan Tanah, Mayarakat Pathuk Ngampilan Lakukan Audiensi dengan DPRD

Jogja, dprd-diy.go.id – Senin (24/9/2018) dilaksanakan Audiensi dari Masyarakat Pathuk, Ngampilan, Yogyakarta yang bertempat di Ruang transit Lt. 2 DPRD DIY dan dimulai pukul 10.35 WIB dan dipimpin oleh Arif Noor Hartanto selaku wakil ketua DPRD DIY beserta Slamet selaku Anggota Dewan Komisi A.

Masyarakat Pathuk Ngampilan, Yogyakarta berkunjung menyampaikan keluhan terkait kepemilikan hak tanah mereka. Salah satu warga menyampaikan dan memohon perlindungan karena sejumlah 99 Kepala Keluarga yang terancam tergusur dari tempat yang mereka tinggali. “Ada upaya pengosongan secara paksa dan warga menangis karena menerima peringatan untuk segera mengosongkan tanah yang ditempati, bahkan kami sudah mendapatkan surat peringatan” ujar salah satu warga.

Dalam hal ini Arif Noor Hartanto memberikan tanggapan bahwa permasalahan tanah  di Jogja memang tergolong rumit, terlebih kaitannya dengan tanah adat. Maka dari itu DPRD akan selalu pada posisi yang harus bisa jadi wadah komunikasi bagi pihak-pihak yang bersangkutan. Dari penjelasan tersebut, DPRD DIY masih memiliki dokumen yang minim dari warga. Oleh sebab itu, pimpinan audiensi meminta warga untuk melengkapi agar memiliki alur sesuai prosedur. Arif juga menyatakan bahwa langkah yang ditempuh tidak melampaui batas hukum, peradilan, hanya sebagai lembaga legislatif. Untuk selanjutnya mohon surat dokumen yang dilengkapi, setelah itu disampaikan ke komisi A,’ katanya. (fu/ia)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.