Komisi A Menerima Audiensi dari Komisi Informasi Daerah DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Jum’at (13/03/2020), Eko Suwanto ketua komis A DPRD DIY menerima audiensi dari Komisi Informasi Daerah (KID) DIY. Audiensi dilakukan dalam rangka mendengarkan aspirasi-aspirasi dari KID DIY. Eko menyampaikan terkait akses keterbukaan informasi di DIY sudah bagus, namun masih ada beberapa kekurangan.

Pemeringkatan keterbukaan informasi di DIY masih menuju informatif, itu artinya masih ada beberapa kekurangan untuk benar-benar menjadi informatif. Moh Hasyim ketua Komisi Informasi Daerah DIY menyampaikan dalam audiensi terkait keterbatas anggaran dalam menjalankan tugas-tugas dan kinerja KID. Hasyim menjelaskan fokus pada tahun 2020 terkait dengan penyelesaian sengketa dan sosialisasi.

Sri Surani, Komisioner KID menjelaskan bawa KID memiliki visi menjadi lembaga yang mandiri dan profesional dalam meningkatkan budaya keterbukaan informasi publik yang inklusif. Dengan anggaran yang terbatas, KID mencoba tetap mengoptimalkan meskipun dengan sosoialisasi yang bisa dibilang terbatas. Kolaborasi selalu dilakukan dengan berbagai macam instansi, Kominfo, media dan tentunya Komisi Informasi Pusat.

“Kami mencoba memaksimalkan resource yang ada, dukungan dari berbagai pihak tentunya sangat penting dan tentunya kami siap bekerja sama,” tutur Surani.

Menanggapi aspirasi-aspirasi terkait dengan anggaran Komisi Informasi Daerah DIY, Eko melalui komisi A mendukung peningkatan anggaran. Namun tentunya harus memahami siklus penganggaran, hal ini dikarenakan KID dirasa terlambat untuk mengajukan perubahan anggaran. Eko berharap Kominfo bisa membantu KID baik dalam bentuk memfasilitasi atau berkolaborasi di dalam kegiatan bersama.

Dalam akhir audiensi Eko memberikan beberapa rekomendasi yang menjadi hasil dari pertemuan hari ini. Pertama KID harus membuat prioritas untuk tahun 2020 dengan menyesuaikan kondisi anggaran yang ada saat ini. Kedua harapan yang besar kepada Kominfo untuk memberikan dukungan baik failitasi dan sektor-sektor lain. Ketiga perlu adanya peningkatan kerjasama dengan perguruan tinggi selain dengan media terkait penyebaran keterbukaan informasi dan tentunya mengenalkan apa itu KID kepada masyarakat. Terakhir terkait dengan target kinerja KID 2020 selain bekerja sama dengan perguruan tinggi, perlu juga berkerja sama dengan Non Govermental Organization (NGO) sebagai civil society. (na)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*