Komisi D Jelaskan Raperda Usul Prakarsanya dalam Rapat Paripurna Internal

Jogja, dprd-diy.go.id – Kamis (25/1/2024) DPRD DIY melaksanakan rapat paripurna internal guna membahas raperda usul prakarsa Komisi D. Melalui Umaruddin Masdar, S.Ag., selaku Wakil Ketua Komisi D, dijelaskan secara umum mengenai Raperda tentang Penyelenggaraan Keolahragaan.

Pada naskah akademik, dijelaskan bahwa berdasarkan data dari Kemenpora, DIY menempati peringkat 27 skor Indeks Pembangunan Olahraga Nasional. Selain itu, ada mutasi atlet potensial ke daerah lain, sarana pra sarana yang urang memadai, belum adanya sekolah khusus keolahragaan, belum ada penghargaan dan jaminan sosial, kurangnya perhatian olahraga tradisional, hingga perlunya perhatian khusus terhadap pertandingan keolahragaan kian mendorong perlunya raperda ini.

“Permasalahan-permasalahan yang ada tersebut tentunya hanya sebagian kecil yang disampaikan dalam forum ini. Secara lebih detail telah kami sampaikan dalam naskah akademik,” ungkap Umaruddin.

Sebelumnya Komisi D telah melakukan pembahasan naskah akademik dan draf raperda yang telah diharmonisasi oleh Bapemperda DPRD DIY. Secara umum Raperda tentang Penyelenggaraan Keolahragaan terdiri dari 18 bab dan 39 pasal.

Pada akhirnya Komisi D berharap agar raperda yang telah dijelaskan ini dapat diterima oleh Pimpinan dan Anggota DPRD lainnya sebagai raperda inisiatif DPRD DIY. Besar harapan Komisi D raperda ini bisa segera dibahas agar bisa mewujudkan penyelenggaraan keolahragaan di DIY yang lebih baik. (fda)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*