Laporan Hasil Kerja Pansus Tata Tertib Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan 2022-2027

Jogja, dprd-diy.go.id – Pada rapat paripurna yang diselenggarakan pada hari Kamis (14/7/22), Eko Suwanto, Ketua Panitia Khusus (Pansus) BA Nomor 16 Tahun 2022 menyampaikan laporan hasil rapat kerja Pansus terkait Tata Tertib tentang Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Masa Jabatan 2022-2027.

Ia menyatakan bahwa penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur ini merupakan salah satu ketentuan yang ada dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2012 tentang Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Sesuai dengan pasal 7 dalam Undang-undang Keistimewaan mengenai bagaimana tata cara pengisian jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur. Itu terkait dengan pasal 5 Undang-Undang 13 Tahun 2012 yang secara khusus mengatur kemana arah keistimewaan DIY. Salah satunya adalah mewujudkan pemerintahan yang demokratis untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketentraman masyarakat, pemerintahan yang baik, menjunjung tinggi bhinneka tunggal ika sebagai bagian dari komitmen kita untuk mengawal Pancasila dan NKRI. Dan juga untuk melembagakan kasultanan dan kadipaten di dalam pengembangan kebudayaan,” ungkap Eko dalam laporannya.

Eko menyatakan bahwa Pansus telah menjalankan tugas yang diberikan melalui rapat-rapat Pansus dan konsultasi dengan kementerian dalam negeri serta melakukan proses finalisasi dengan lebih cepat. Selain itu, beliau menyampaikan bahawa musyawarah mengenai penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa jabatan 2022-2027 terdapat 5 bab dan 13 pasal dengan seluruh lampiran yang ada, bisa ditempuh dan dilalui.

“Salah satu lampiran yang mendasar dalam tata tertib ini adalah komitmen untuk setia pada pancasila, pada UUD 45, bhinneka tunggal ika, dan NKRI. Maka menjadi tugas Gubernur untuk mengawal proses yang ada itu di tengah-tengah masyarakat dan sekaligus menyelesaikan berbagai persoalan terkait dengan kesejahteraan, ketentraman bhinneka tunggal ika dan harapan kita Jogja bisa menjadi lebih baik,” ungkapnya pada akhir penyampaiannya. (zn)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*