Mahasiswa Unisa Kunjungi DPRD DIY

Jogja, dprd-diy.go.id – Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa) mengunjungi DPRD DIY dalam rangka melakukan studinya. Eko Suwanto Ketua Komisi A menerima kedatangan sekaligus memberikan penjelasan dalam pertemuan ini.

Terkait pengambilan keputusan di DPRD DIY, Eko menjelaskan bahwa sebuah keputusan dapat diraih jika ada sebuah konsensus. Menurut Eko pengambilan keputusan sendiri dilakukan setelah melewati beberapa hal.

Pertama, pembahasan sesuai dengan kaedah akademik. Kedua, memahami regulasi dengan teliti yang berlaku di bawah peraturan dan kewenangan. Ketiga, keputusan yang akan diambil sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Menurut Eko dalam Komisi A sendiri saat akan mengambil keputusan turut mengundang Inspektorat. Inspektorat inilah yang akan mencermati apakan keputusan yang diambil sudah sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Pada pertemuan ini Eko kembali mengingatkan pentingnya penerapan ideologi pancasila dalam kehidupan sehari – hari. “Kepada mahasiswa – mahasiswa agen perubahan ini hendaknya saya berpesan agar menggelorakan kembali pancasila dalam keseharian. Kalau kita sudah menerapkan pancasila, tidak ada lagi persinggungan – persinggungan tentang SARA dan sebagainya. Kehidupan antar masyarakat pun menjadi lebih tentram dan damai ketika pancasila ini benar ditegakkan.”

Sebelum menutup, Eko berpesan agar hendaknya mahasiswa dapat menjauhi diri dari terorisme dan radikalisme. Eko mengingatkan agar lebih bijak dalam bermedia sosial, sebab banyak konten di media sosial yang sudah tercemar oleh radikalisme dan terorisme. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*