Menerima Audiensi dari Masyarakat Dusun Wunut Bantul

Jogja, dprd-diy.go.id – Rabu (12/09/2018) DPRD DIY menerima audiensi dari Masyarakat Dusun Wunut Bantul yang bertempat di Ruang Lobby Lantai 1 DPRD DIY. Audiensi dimulai sekitar pukul 10.20 WIB yang dipimpin oleh Yoeke Indra Agung Laksana selaku Ketua DPRD DIY beserta Chang Wendryanto dan Suharwanto sekalu Anggota Komisi C. Dihadiri pula oleh perwakilan BP3 ESDM YK Bantul, perwakilan dari SDA Dinas PU DIY dan Masyarakat Pedukuhan Wunut Desa Sriharjo Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul.

Pada audiensi kali ini, warga Dusun Wunut mengajukan permohonan sebagai berikut :

  1. Jalan-jalan di lingkungan kami sudah rusak
  2. Jalan akses wisata dan penunjang sarana wisata yang pantas dikembangkan
  3. Pelestarian nilai-nilai adiluhung Yogyakarta yang meliputi seni dan budaya, perlunya rumah budaya dan gelar budaya
  4. Peningkatan SDM Pemuda, kaum ibu dan pengrajin
  5. Perlunya lampu penerangan jalan
  6. Terjadinya abrasi akibat banjir yang terjadi beberapa bulan lalu
  7. Jembatan gantung yang putus

Titik selaku perwakilan dari warga Dusun Wunut menyatakam bahwa setelah terjadinya banjir setahun yang lalu mengakibatkan sebagian rumah hancur dalam keadaan parah. Selain rumah yang hancur, ada juga akses jembatan yang menuju Dukuh Wunut terputus dan mengakibatkan tidak bisa lagi untuk di akses. “Harapan dari Dusun Wunut yaitu mohon disegerakan perbaikan rumah maupun jalan karena saat ini sudah masuk musim hujan,” ujar Titik.

Dalam hal ini, Yoeke Indra Agung Laksana memberikan tanggapan terkait apa yang disampaikan oleh Titik, bahwa sebaiknya jangan ditunda lagi untuk merencanakan perbaikan dan poin yang paling penting adalah keselamatan warga yang terkena abrasi. “Harapannya segera mungkin ditinjaklanjuti dan jangan sampai ada korban lagi”, tutur Yoeke. “Untuk perihal yang bentuknya permanen akan dilaksanakan bertahap”, imbuh politisi dari Fraksi PDIP tersebut. Selain itu juga ada tanggapan dari Chang Wendrayanto yang menyatakan bahwa jalan yang menuju di Dusun Wunut itu harus segera dibangun karena di daerah tersebut banyak potensi-potensi yang sangat bagus.

Terdapat beberapa poin penting yang disampaikan Yoeke sebelum audiensi ditutup, yaitu :

  1. Kita akan menyelamatkan masyarakat yang mungkin akan terkena dampak erosi dan kita akan berkoordinasi kepada BPBD (Badan Penanggulan Bencana Daerah) dan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai)
  2. Usulan terkait dengan adanya mata air perlu di survey
  3. Usulan dari Ibu Titik berbagi hal program-program kegiatan di Dusun Wunut terkait Pariwisata. (fu)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.