Pansus Penyertaan Modal Daerah Melanjutkan Pembahasan

Jogja, dprd-diy.go.id – Pansus mengenai finalisasi terkait pembahasan Pansus BA 29 Tahun 2018 tentang penyesuaian penambahan modal dilaksanakan di Ruang Lobby lantai 1 DPRD DIY.  Raker Pansus yang dipimpin oleh Suharwanta membahas, membacakan, dan sekaligus pengoreksian penyertaan modal yang telah disusun pada pertemuan sebelumnya. Adapun salah satu pembahasannya ialah mengenai dasar konsideran menimbang dalam beberapa poin, antara lain:

Poin A: bahwa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan pelayanan publik terhadap akses permodalan diperlukan peran serta Perseroan Terbatas Bank Pembangunan Daerah (BPD) DIY Yogyakarta.

Poin B: bahwa untuk memperkuat struktur permodalan dan peningkatan pelayanan Perseroan Terbatas BPD DIY sesuai dengan kriteria terumum berdasarkan kegiatan usaha dua perlu penambahan penyertaan modal pada perseroan terbatas BPD DIY Yogyakarta.

Poin C : bahwa berdasarkan Pasal 71 ayat 7 Peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah sebagimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri No 21 Tahun 2011 tentang perubahan kedua atas Peraturan Menteri Dalam Negeri No 13 Tahun 2006 Tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan daerah, investasi jangka panjang Pemerintah Daerah dapat dianggarkan apabila jumlah yang akan disertakan dalam anggaran berkenaan telah ditetapkan dalam Perda tentang penyerta modal.

Poin D: bahwa berdasarkan pertimbangan sebagai regulasi dalam penyampaian dalam poin a, b, dan c, perlu menetapkan peraturan daerah tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah DIY Yogyakarta tahun 2013 tentang Penyertaan Modal Daerah pada bagian besar milik daerah dan Perseroan Terbatas Asuransi Bangun Askrida.

“Pembahasan akan dilaporkan pada Pimpinan Dewan untuk kemudian dilanjut di pembahasan tingkat dua maupun dalam pengambilan keputusan, dan didalamnya nanti apabila ada Fraksi-Fraksi yang berpendapat apapun, maka itu disampaikan dalam rapat paripurna di DPRD,” tutur Suharwanta sebelum mengakhiri Raker Pansus. (est)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.