Pemandangan Umum Fraksi Partai Keadilan Sejahtera Atas Raperda Inisiatif Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK

PEMANDANGAN UMUM ANGGOTA

MELALUI

 FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

TERHADAP RANCANGAN PERATURAN DAERAH

PRAKARSA DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TENTANG

PENGELOLAAN DAN PEMANFAATAN

TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

 

Juru Bicara : Agus Sumartono, S.Si

Assalamu’alaikum wr. wb.

Yang kami hormati,

Pimpinan Rapat dan Pimpinan DPRD DIY

Rekan-rekan Anggota DPRD DIY

Sekretaris Dewan beserta jajaran

Rekan-rekan wartawan serta segenap undangan yang berbahagia

Alhamdulillahi robbil alamin puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala nikmat yang telah dianugerahkan kepada kita, sehingga pada hari ini kita dapat menghadiri sidang paripurna dalam keadaan sehat wal afiat. Shalawat dan salam kita haturkan kepada suri tauladan kita nabi  Muhammad SAW beserta  keluarga, sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Kami mengucapkan terimakasih atas waktu yang telah diberikan kepada kami untuk menyampaikan Pemandangan Umum Anggota DPRD  melalui Fraksi PKS terhadap raperda usul prakarsa DPRD DIY tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

 

Hadirin sidang paripurna yang kami hormati,

Fraksi PKS memberikan apresiasi kepada rekan-rekan Komisi A yang telah memprakarsai raperda tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Peraturan Daerah ini sangat diprlukan sebagai acuan dalam merumuskan pengaturan, pengembangan, penataan, pengelolaan dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.

Selanjutnya terhadap rancangan peraturan daerah tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

ini kami menyampaikan beberapa hal sebagai berikut untuk penyempurnaan raperda:

  1. Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi ini agar dapat berperan dalam problematika masyarakat DIY yaitu, menurunkan angka kemiskinan, mengurangi pengangguran dan mempersempit kesenjangan. Untuk itu Fraksi PKS mengusulkan agar masalah ini dapat dimasukkan dalam pasal 3 tentang tujuan.
  2. Salahsatu ciri masyarakat yang maju adalah tingginya partisipasi masyarakat dalam pembangunan sejak dari perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan. Keberadaan teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki pemerintah daerah belum optimal dalam  menjembatani masalah ini. Untuk itu fraksi PKS mengusulkan agar raperda ini dapat memberi jawaban dari masalah ini.
  3. Pendidikan literasi menjadi sangat penting di era digital ini, menurut Fraksi PKS pemerintah daerah harus pro aktif melakukan pendidikan ini. Penempatan  pasal 38 ayat 2 haruf c pada pasal ini menurut kami kurang tepat untuk itu agar ditinjau kembali.

 

Hadirin sidang paripurna yang kami hormati

Demikian Pemandangan Umum Anggota DPRD melalui Fraksi PKS terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan dan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Semoga Allah meridhoi semua langkah kita, Amin .

Wassalamu’alaikum wr. wb.

 

Yogyakarta,  12 Oktober  2018

FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ketua Fraksi

Agus Sumartono, S.Si

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.