Pemandangan Umum Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa terhadap Raperda Perubahan RIPARDA DIY Tahun 2012-2025

PEMANDANGAN UMUM

FRAKSI PARTAI KEBANGKITAN BANGSA

DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TERHADAP

RANCANGAN PERATURAN DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TENTANG

PERUBAHAN ATAS PERATURAN DAERAH NOMOR 1 TAHUN 2012 TENTANG RENCANA INDUK PEMBANGUNAN KEPARIWISATAAN DAERAH PROVINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA TAHUN 2012 – 2025

 

 

Assalamu’allaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Salam sejahtera untuk kita semua.

Yang terhormat

  • Saudara Gubernur dan Wakil Gubernur DIY
  • Saudara Pimpinan Rapat dan Pimpinan Dewan lainnya

Yang kami hormati,

  • Saudara Sekda, para assiten, Kepala Dinas, Badan, dan Kantor unit satuan kerja dilingkup Pemerintah Daerah DIY
  • Teman-teman Anggota DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, dan teman-teman pers serta hadirin yang berbahagia.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah Subhanahu Wata’ala, Tuhan Yang Maha Esa, yang senantiasa telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita dapat menghadiri Rapat Paripurna DPRD DIY  dalam keadaan sehat wal a’fiat. Rapat Paripurna DPRD DIY hari ini  dalam rangka Penyampaian Pemandangan Umum fraksi-fraksi, atas Rancangan Peraturan Daerah Tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2012 – 2025 tersebut dalam Bahan Acara Nomor 39 Tahun 2018 .

 

Sdr. Pimpinan Rapat Paripurna Dewan  dan hadirin yang kami hormati

Mengawali Pemandangan Umum ini, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa  menyampaikan ucapan terima kasih, kepada Pimpinan Rapat yang telah memberi kesempatan kepada Fraksi kami, untuk menyampaikan Pandangan Umum  Fraksi.

Setelah mempelajari dan mencermati Penjelasan dan  draft Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2012 – 2025 tersebut,   maka   ijinkanlah  Fraksi Kami  menyampaikan Pemandangan umumnya sebagai berikut:

  1. Kebijakan pariwisata merupakan sebuah produk dari proses yang sangat kompleks dan terkait dengan berbagai aspek. Kompleksitas pariwisata disebabkan oleh berbagai perubahan besar pada level lokal, nasional dan internasional. Dalam konteks perubahan besar tersebut lingkungan kebijakan pada pariwisata menjadi media yang strategis bagi pemerintah daerah untuk memasarkan potensi wisatanya. Pada kondisi inilah kebijakan pariwisata menjadi sangat strategis dan penting dalam pengembangan pariwisata. Oleh karena itu perubahan terhadap Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2012 – 2025 tersebut perlu dilakukan, dan Fraksi kami sangat mendukung, mengingat Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan merupakan dokumen perencanaan pembangunan pariwisata yang perlu disediakan oleh daerah dalam rangka mempermudah pengembangan pariwisata.
  2. Pariwisata adalah industri yang multidimensi dan lintas sektoral. Keterlibatan semua pihak dibutuhkan karena pariwisata bukan sektor yang berdiri sendiri. Pertimbangan keterkaitan antar sektor dan penanganan pariwisata semakin rumit dalam pengembangan suatu destinasi yang terpadu, sehingga berbagai tantangan dan kendala dalam kerjasama dan kolaborasi harus dihadapi. Strategi apa yang akan ditempuh oleh Pemerintah Daerah dalam menghadapi tantangan dan kendala di bidang kepariwisataan khususnya berkaitan dengan koordinasi dan kolaborasi antara stakeholders yang berbeda.
  3. Dalam kerangka pengembangan pemasaran pariwisata, beberapa masalah utama yang dihadapi dan menjadi kendala bagi tumbuhnya kepariwisataan DIY, antara lain pencitraan pariwisata DIY, strategi komunikasi pemasaran yang belum terpadu dan terfokus; dan yang terakhir sinergi kemitraan pemasaran yang masih belum optimal. Fraksi kami mohon penjelasan langkah apa yang akan ditempuh pemerintah daerah dalah menangani permasalahan tersebut.
  4. Disisi lain dalam kerangka pengembangan industri pariwisata, terdapat beberapa masalah utama yang dihadapi dan menjadi kendala bagi tumbuhnya industri pariwisata, antara lain daya saing produk wisata yang belum optimal; Bagaimana arah kebijakan pemerintah serta strategi yang ditempuh agar daya saing produk wisata dapat optimal , dan yang terpenting mempunyai dampak pada kesejahteraan masyarakat. mohon penjelasan
  5. Pengembangan kepariwisataan termasuk usaha konservasi budaya dan alam akan difokuskan pada kawasan selatan, oleh karena itu sangat dibutuhkan sinergi kebijakan tentunya dengan pendekatan multisektor dan multidisiplin, untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan dan menjadikan identitas pariwisata DIY dalam persaingan global. Fraksi kami memandang bahwa sinergitas pemerintah, swasta dan masyarakat mutlak dilaksanakan. Oleh karena itu, perlu ada beberapa strategi untuk mengembangkan pariwisata yang berbarengan dengan usaha konservasi budaya dan alam. Mohon penjelasan .

 

Sdr. Pimpinan Rapat Paripurna Dewan  dan hadirin yang kami hormati

Demikian Pemandangan Umum  Fraksi PKB  DPRD DIY  tentang penjelasan Gubernur DIY terhadap Raperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 1 Tahun 2012 Tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2012 – 2025.

Akhir kata, terima kasih atas segala perhatiannya,  dan mohon maaf atas segala kekurangan, semoga Allah Swt senantiasa memberikan bimbingan dan petunjuknya kepada kita semua,  dalam mengemban tugas dan pengabdian kepada masyarakat .

Wassalamu’allaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh

           

Yogyakarta, 18 Oktober 2018

Pimpinan Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa

DPRD D.I. Yogyakarta

Ketua   Sekretaris
     
H. Sukamto, SH   Drs. Aslam Ridlo

 

Juru Bicara

 

 

Soleh Wibowo, S.Ag

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.