Raperda Prakarsa Komisi A Tentang Penyelenggaraan Kerja Sama Daerah Disetujui

Jogja, dprd-diy.go.id – Pada hari kamis (04/08/22) DPRD DIY telah mengadakan rapat paripurna yang dipimpin oleh Nuryadi selaku ketua DPRD DIY. Pada rapat ini Komisi A selaku inisiator menjelaskan terkait Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaran Kerjasama Daerah.

Rany Widayati selaku juru bicara Komisi A menjelaskan latar belakang dan tujuan raperda ini. Menurutnya Raperda ini sangatlah penting dilakukan pasalnya Pemerintah Daerah DIY tercatat telah melakukan berbagai kerja sama daerah baik kerjasama dalam negeri maupun kerjasama dengan pihak luar negeri.

Sayangnya pelaksanaan kerja sama tersebut masih belum optimal dalam berbagai hal, misalnya kurangnya inisiatif dari perangkat daerah untuk melakukan pemetaan potensi yang dapat dikerjasamakan, minimnya sumber daya manusia serta sarana dan prasarana, prosedur birokrasi yang tidak jelas, hingga permasalahan belum maksimalnya monitoring dan evaluasi.

Selain itu, konteks DIY dengan dinamika permasalahan yang seringkali harus ditangani dalam rentang waktu cepat (penanganan bencana alam gunung Merapi) juga membutuhkan kerja sama daerah yang efektif dan efesien.

Berdasarkan Pasal 363 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah juga tertulis bahwa “Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat, Daerah dapat mengadakan kerjasama yang didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.”

Rany memaparkan bahwa ada beberapa subtansi penting dari Raperda ini yang dapat menjadi solusi yakni mengatur Kerjasama dengan berbagai Lembaga, melakukan pemetaan urusan pemerintah secara potensial, membuat dokumen kesepakatan yang nantinya ditindak lanjuti dalam dokumen perjanjian Kerjasama, mendapatkan persetujuan DPRD Ssesuai dengan pasal 13, membentuk tim koordinasi Kerjasama daerah, melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan pemerintah daerah.

 “Untuk mengoptimalkan kegiatan kerjasama ini perlu adanya akselerasi kesejahteraan masyarakat melalui kerja sama daerah yang secara faktual serta salah satu upaya yang dapat kami lakukan untuk menjadi solusi atas permasalahan penyelenggaraan kerja sama daerah di DIY,” tuturnya.(Ms)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*