Raperda Usul Inisiatif DPRD DIY Ditetapkan dalam BA 11 Tahun 2019

Jogja, dprd-diy.go.id – DPRD DIY kembali menggelar Rapat Paripurna terkait usulan inisiatif Raperda tentang Tata Cara Penyusunan Rencana Pembentukan Perda dan Perdais pada Rabu (29/5/2019). Setelah mendengar pendapat Gubernur pada Rapat Paripurna sebelumnya, pada kali ini forum mendengarkan jawaban dari DPRD DIY sebagai pemrakarsa.

Rani Widayati menyampaikan bahwa invertarisasi kebutuhan pembentukan perda dan perdais dilakukan berdasarkan beberapa hal. Invertarisasi dilaksanakan di awal dengan mempertimbangkan perundang-undangan yang lebih tinggi atau sederajat, penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan, serta RPJMD. Untuk inventarisasi harus dimulai dari awal dan dianggarkan secara khusus.

Norma kebutuhan aspirasi masyarakat disusun dengan maksud agar DPRD DIY selaku lembaga legislatif fokus terhadap pemecahan masalah sesuai aspirasi masyarakat. Meskipun terdapat perda yang merupakan tindak lanjut dari kinerja pemerintah atau upaya pencapaian RPJMD. Rani mengatakan bahwa hal ini dapat dibahas kembali setelah terbentuknya Pansus nanti.

Sebelumnya Gubernur mempertanyakan keterbukaan pembentukan perda atau perdais ini. Menurut DPRD DIY pembentukan perda atau perdais ini sifatnya tidak tertutup. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika dalam perjalanannya nanti terdapat beberapa perubahan. Semua diharapkan dapat terakomodir dengan menggunakan mekanisme perubahan rencana pembentukan perda dan perdais.

Terkait dengan pengakumulasian permasalahan selama lima tahun, DPRD DIY menanggapi bahwa dengan menganalisis RPJMD menjadi upaya untuk mengetahui kebutuhan hukum lima tahun ke depan.  Agar selaras dengan RPJMD 2017-2022 yang sedang berjalan, maka setelah raperda ini ditetapkan harus segera dirancang penyusunan perda perdais peralihan untuk tahun 2020-2022. Sehingga pada tahun 2022 nanti pembahasan perda atau perdais sudah dapat diselaraskan dengan RPJMD yang baru.

Usulan Disetujui Menjadi Pansus

Pada Rapat Paripurna ini raperda usul inisiatif DPRD DIY terkait Tata Cara Penyusunan Rencana Pembentukan Perda atau Perdais disetujui. Pembahasan raperda ini akan dimasukkan ke dalam Bahan Acara (BA) Nomor 11 Tahun 2019. Berdasarkan hasil kesepakatan forum, maka telah ditetapkan Pansus BA Nomor 11 Tahun 2019 yang dipimpin oleh Suharwanto sebagai Ketua dan Janu Ismadi sebagai Wakil Ketua Pansus. (fda)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*