Aksi Demo Peringatan Hari Tani Nasional, Semangat Perjuangkan Hak Rakyat

Jogja, dprd-diy.go.id – 24 September diperingati sebagai Hari Tani Nasional, momentum ini digunakan oleh beberapa aliansi yang peduli dengan isu petani maupun terkait dengan agraria, untuk menyuarakan aspirasinya. Sejumlah 3 Aliansi beramai-ramai mendatangi Gedung DPRD DIY pada Senin (24/9/2018) dalam bentuk aksi demo. Aliansi yang menyampaikan aspirasinya antara lain GNP (Gerakan Nasional Pendidikan), API (Aliansi Peduli Petani, serta GEMPA (Gerakan Mahasiswa Peduli Agraria).

Aksi demo yang dimulai pada pukul 11.00 diawali dengan orasi dari masing-masing aliansi, kemudian beberapa perwakilan dari masing-masing aliansi aksi demo menemui Arif Noor Hartanto untuk menyampaikan tuntutan secara langsung. Arif yang didampingi Agus Sumarsono, menerima tuntutan dengan baik dan menyetujui aspirasi-aspirasi yang telah disampaikan.

Arif Noor Hartanto menyampaikan bahwa momentum yang baik dapat dilanjutkan tidak sebatas berhenti pada demo. Ditambahkan pula dari semua yang disampaikan dalam tuntutan merupakan poin-poin yang baik. Dalam hal ini dapat menjadi pemikiran DPRD yang dapat mempengaruhi dalam pengambilan kebijakan di level lebih tinggi.

Untuk mengawal isu dan tuntutan pada hari ini, aliansi demo membawakan dokumen berisi tuntutan dan pernyataan bagi DPRD DIY untuk menyelenggarakan diskusi lebih lanjut mengenai isu yang diangkat, sekurang-kurangnya dalam waktu satu bulan. Dokumen tersebut ditandatangani oleh Arif sebagai bentuk persetujuan pengawalan aspirasi masyarakat. Aksi demo pun diakhiri dengan tertib pada pukul 12.40. (ra)S

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.