Harapkan Terwujudnya Smart Government, DPRD DIY Dukung Upaya Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK

Jogja, dprd-diy.go.id – Rapat Paripurna pada Kamis (18/10/2018) membahas dua agenda, yaitu penjelasan DPRD DIY atas Raperda Prakarsa DPRD DIY mengenai Raperda Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK tersebut dalam Bahan Acara Nomorr 38 Tahun 2018, serta mengenai Penjelasan Gubernur tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Induk Pembangunan  Kepariwisataan Daerah (RIPARDA) DIY Tahun 2012 – 2025.

Penjelasan Dewan mengenai Raperda Pengelolaan dan Pemanfaatan TIK disampaikan oleh Arif Noor Hartanto sebagai Juru Bicara Pimpinan DPRD. Disampaikan bahwa TIK merupakan sektor yang penting untuk dikembangkan, dengan TIK dapat memberikan informasi yang berkualitas bagi masyarakat. Adanya  TIK mampu memaksimalkan pelayanan publik yang berkualitas dan modern, mampu  menggeser peran pemerintah yang semula regulatif, bergeser menjadi responsif terhadap segala partisipasi masyarakat.

Dewan juga menyoroti sistem yang ingin dikembangkan yaitu Government 3.0 (Gov 3.0) atau Smart Government. Gov 3.0 memiliki 3 karakter utama yaitu pemerintah yang transparan, pemerintah yan kompeten tanpa sekat sektoral, serta pemerintah yang berorientasi pada pelayanan publik. “Hal-hal tersebut perlu dikembangkan untuk mewujudkan masyarakat Jogja Cyber Province, karena adanya Smart City diperlukan untuk memberikan pelayanan yang prima untuk masyarakat.”Ujar Arif Noor. Sehingga Raperda yang terdiri dari 10 BAB dan 34 Pasal ini perlu didukung untuk dapat mewujudkan hal-hal tersebut. (ra)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.