Pengembangan Sektor Pariwisata Perlukan Sinergitas Semua Pihak

Jogja, dprd-diy.go.id – Memasuki agenda Rapat Paripurna pada (18/10/2018) yang kedua, Pimpinan  Rapat, Yoeke Indra Agung Laksana, menyampaikan terkait RIPARDA DIY Tahun 2012-2025 yang layak untuk segera ditindaklanjuti setelah melalui serangkaian proses pengkajian. Penjelasan Gubernur tentang Perubahan atas Perda Nomor 1 Tahun 2012 tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah (RIPARDA) DIY Tahun 2012 – 2025 tersebut dibacakan oleh Wakil Gubernur DIY. Beliau menyampaikan besarnya potensi wisata di DIY yang perlu terus dikembangkan dan didorong untuk terus maju, karena sektor pariwisata menyumbangkan kontribusi yang besar bagi perekonomian di DIY.

Disampaikan pula mengenai isu-isu strategis dalam sektor pariwisata menjadi pijakan bagi Pemerintah dalam membuat kebijakan kepariwisataan, meskipun selama ini masih terdapat beberapa hambatan seperti lama waktu tinggal wisatawan yang tergolong pendek, kurangnya daya dukung kawasan perkotaan dan kawasan pantai Selatan, kurangnya infrastruktur dan fasilitas yang memadai, dan lain sebagainya.

Wakil Gubernur DIY menjelaskan diperlukan adanya sinergitas dan keterpaduan dalam mengembangkan sektor pariwisata, di samping itu juga perlu diikuti dengan pengembangan kapasitas kelembagaan yang senantiasa diperkuat, dikoreksi, serta diperbaiki untuk memaksimalkan kinerja.  Hal-hal tersebut belum dimuat dalam Perda Nomor 1 Tahun 2012, sehingga diperlukan adanya beberapa perubahan, salah satunya agar Pemda dapat melakukan akselerasi pembangunan kepariwisataan yang akan ditentukan dengan adanya kawasan prioritas. (ra)

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.