Hamengku Buwono Sampaikan Pendapat Akhir Gubernur

Jogja, dprd-diy.go.id – Melanjutkan agenda dalam rapat paripurna (10/09/2020), dilakukan kesepakatan bersama terhadap BA 16 Tahun 2020 serta persetujuan dan penetapan Keputusan DPRD DIY dalam BA 17 Tahun 2020. Pimpinan DPRD DIY dan Gubernur DIY menandatangani persetujuan dan penetapan tersebut.

Pada kesempatan ini Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur DIY menyampaikan Pendapat Akhir Gubernur. Hamengku Buwono X mengungkapkan apresiasi kepada DPRD DIY yang telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik bagi pembangunan dan kesejahteraan.

“Saya sampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada pimpinan dan anggota dewan yang telah memberikan dukungan dan kerjasama yang baik dalam kegiatan pembangunan bagi kesejahteraan,” ungkap Hamengku Buwono X.

Gubernur mengungkapkan semua proses pembahasan Kebijakan Umum Perubahan APBD dan Prioritas Anggaran Sementara Perubahan APBD (KUPA PPAS) ini menggambarkan betapa pentingnya menyamakan persepsi tentang prioritas anggaran hingga akhir 2020.

“Sesuai prinsip efektif dan efisien dalam anggaran, maka kebijakan yang mempengaruhi perubahan APBD dan mempertimbangkan kewajiban serta kebutuhan mendesak yang harus dilaksanakan oleh pemerintahan daerah sebagai wujud komitmen untuk melayani masyarakat terutama dalam mengatasi dampak pandemi Covid-19 yang kita hadapi sejak awal tahun 2020 ini,” lanjut Gubernur DIY.

Menurut Gubernur meskipun terdapat kekurangan pada pelaksanaan pembangunan sebelumnya semua akan bersama dibenahi dalam pelaksanaan pembangunan yang akan datang.

Gubernur menyampaikan dengan telah tetapnya KUPA PPAS, maka eksekutif dan legislatif memiliki tanggung jawab yang sama sesuai fungsi dan kewenangannya dalam pembangunan DIY.

“Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah dengan bersama sama melakukan percepatan penggunaan APBD dengan khususnya untuk penanganan kesehatan, penanganan dampak ekonomi dan optimalisasi pelaksanaan penyediaan jaring pengaman sosial bagi masyarakat dalam rangka menangani dampak pandemi Covid-19,” tutupnya. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*