Komisi B Kunjungi Bapenda Jawa Timur

Jogja, dprd-diy.go.id – Komisi B DPRD DIY mengunjungi Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Timur pada Jumat (13/11/2020). Kunjungan yang dipimpin oleh Danang Wahyu Broto, Ketua Komisi B DPRD DIY ini diterima oleh Pung Karnantohadi, Sekretaris Bapenda Jawa Timur.

Komisi B berkunjung dengan tujuan melakukan studi komparasi terkait pendapatan daerah. Danang mengungkapkan membahas terkait pendapatan, menjadi suatu hal yang krusial mengingat Pendapatan Asli Daerah (PAD) di DIY didominasi oleh pajak kendaraan bermotor.

“Pendapatan menjadi unik dan krusial, mengingat PAD di Pemda DIY adalah dari sektor pajak kendaraan bermotor, sementara sektor unggulan di DIY adalah sektor pariwisata,” ungkap Danang.

Terkait sektor kendaraan bermotor, Komisi B DPRD DIY ingin mencari tahu peningkatan PAD melalui sektor ini. Komisi B mempertanyakan bentuk kerjasama dengan polisi, sistem dan kontribusi pendapatan sektor pajak kendaraan.

Sekretaris Bapenda Jawa Timur yang akrab disapa Pungki ini menjelaskan bahwa terdapat pemanfaatan dana centre oleh Pemprov Jawa Timur. Sehingga perkembangan data pendapatan selalu dapat diperbarui.

“Sudah ada pemanfaatan data centre, sehingga perkembangan data pendapatan selalu ter-update,” imbuhnya.

Pungki menambahkan bahwa pajak lalu lintas berasal dari langganan parkir. Hal ini memanfaatkan pendapatan database dari provinsi dan ada bagi hasil ke provinsi sebesar 13 persen.

Menjawab pertanyaan dari Aslam Ridlo, Anggota Komisi B DPRD DIY, Pungki menjelaskan optimalisasi kontribusi pajak kendaraan dari luar daerah. Menurut penjelasannya, Bapenda membuat rumus kenaikan pendapatan, baik retribusi atau pajak.

“Bapenda membuat rumus kenaikan pendapatan, baik retribusi atau pajak. Metode yang digunakan adalah perhitungan terget,” jelasnya.

Terkait Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) terlebih dahulu mencari data dari asosiasi industri sepeda motor dan Gaikindo yang merupakan sumber data marketsale dari kepolisian. (bun)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*