Komisi D Bahas Penjabaran Rancangan Perubahan APBD DIY Tahun 2021

Jogja, dprd-diy.go.id – Rabu (8/9/2021) Ketua Komisi D, Koeswanto memimpin jalannya rapat kerja komisi D yang membahas penjabaran Rancangan Perubahan APBD DIY Tahun 2021.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah DIY menjabarkan resume perubahan APBD Tahun Anggaran 2021. Terdapat beberapa progam yang mengalami perubahan. Sesuai dengan rapat Badan Anggaran yang sudah diadakan, untuk Dinas Perpustakaan dan Arsip DIY telah disepakati perubahan anggaran yang sesuai dengan data yang dijabarkan.

Kemudian, Didiskpora DIY menyampaikan Perubahan RAPBD Tahun 2021. Terdapat penambahan target pendapatan sebesar 1,16%.  Adanya penurunan anggaran belanja akibat refocusing dan penyesuaian gaji dan penambahan belanja berupa SILPA jasa layanan BLUD tahun 2020. Penambahan tersebut meliputi penambahan belanja pada SILPA BOS Tahun 2020 dan penambahan jasa layanan BLUD pada SMK.

Terdapat penambahan anggaran Didiskpora dari SMA dan SMK yang belum dimasukan ke dalam data yang telah disampaikan. Terdapat tambahan sosialisasi dan kajian mengenai catatan tambahan untuk Didiskpora yang masih memerlukan kesepakatan.

Selanjutnya, Ketua Komisi D, Koeswanto memberikan tanggapannya terkait penambahan progam yang perlu dilaksanakan Didiskpora.

“Dalam menunjang Visi Kota Yogyakarta pada Tahun 2025 agar menjadi kota Pendidikan yang dikenal di berbagai mancanegara, maka diperlukan implementasi progam Pendidikan yang berkualitas tinggi. Dalam hal ini, Didiskpora perlu mengupayakan penambahan progam agar visi tersebut dapat terlaksana,” ungkapnya.

Terakhir, Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk DIY menyampaikan ringkasan penghantaran perubahan anggaran tahun 2021.  Rencana kerja dan perubahan anggaran untuk belanja operasi meliputi belanja pegawai, belanja barang jasa dan belanja hibah. Sedangkan untuk belanja modal meliputi belanja modal peralalatan dan mesin serta belanja modal aset tetap lainnya. (rif)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*