Komisi D DPRD Kunjungi Kec Patuk Optimalkan Peran Bumdes Hadapi Covid-19

Dalam melakukan fungsi pengawasan ,Komisi D DPRD DIY melakukan kunjungan ke berbagai tempat dalam rangka melihat kondisi lapangan terkait penanganan Covid-19. Kali ini komisi D DPRD DIY yang dipimpin langsung oleh ketuanya Koeswanto mengunjungi kecamatan Patuk Gunungkidul pada Kamis (25/6) .

Dalam kesempatan tersebut Camat Patuk Haryo Ambar Suwardi menerangkan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah langkah terukur untuk menghadapi Covid 19 yang ada .

Protokol kesehatan juga tetap kami jalankan , serta mekanisme bantuan sosial bagi warga juga kami salurkan sesuai amanat yang ada , serta sekaligus memperkuat kondisi perekonomian warga Patuk karean terkena dampak Covid-19 yang ada, ujar Camat .

Dia juga menambahkan bahwa proses penyaluran bansos juga menemukan kendala yang berarti di lapangan tetapi menurutnya dapat diatasi dengan baik.

dalam kesempatan tersebut Wagiman selaku perangkat kecamatan juga melaporkan bahwa Bantuan Sosial yang bersumber dari Dana Desa juga telah tersalur dengan baik.

Kami telah menyalurkan sekitar 2 miliar rupiah yang bersumber dari Dana Desa untuk 1.142 paket penerima. yang kita bagi menjadi empat tahap yakni tahap 1 19 dan 20 Mei, tahap 2 28 dan 29 Mei serta tahap 2 dan 3 masing masing 28 dan 29 Mei serta 23 dan 24 Juni.ujar Wagiman .

Dalam kesempatan yang sama Yulianto selaku pendamping desa mengemukakan bahwa pihaknya bersama aparat desa dan kecamatan berusaha mengoptimalkan peran Bumdes dalam menghadapi Covid 19.

kami mengarahkan warga untuk membeli kebutuhan berbagai barang dewat toko yang dikelola Bumdes , sehingga gerakan ekonomi desa yang dimotori Bumdes akan ikut berputar , dan Bumdes juga meyediakan berbagai keperluan bagi warga desa setempat, pembelian sembako bagi warga juga melewati Bumdes, dengan demikian maka peran Bumdes menjadi semakin penting di desa,ujar Yulianto.

Dalam tanggapannya Ketua Komisi D DPRD DIY Koeswanto memberikan apresiasi kepada pihak kecamatan Patuk dan aparat desa yang telah memapu mengkoordoinasikan dan mengoptimalkan peran Bumdes sebagai penyangga sektor ekonomi warga dalam menghadapi Covid-19.

Inilah sebuah bentyuk yang inovatif memaksimalkan potensi yang ada di sesa menjadi sebuah kekuatan untuk menghadapi Covid 19, ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Rany Widayati menambahkan bahwa peran aparat desa menjadi sangat penting dalam merumuskan kebijakan kebijakan yang ada , sehingga menurut politisi Partai Golkar ini , konsep kepemimpinan dari aparat desa hingga camat akan memudahkan berbagai kegiatan yang ada.

Kearifan lokal dan leadership para pemimpin akan sangat membantu merumuskan kebijakan dan menyelesaikan masalah di tingkat akar rumput , dan ini menjadi catatan penting, tambah ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DIY ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*