Pemandangan Umum Fraksi Partai Golongan Karya

PEMANDANGAN UMUM

FRAKSI PARTAI GOLONGAN KARYA DPRD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TERHADAP BAHAN ACARA NOMOR 32 TAHUN 2018

TENTANG

RANCANGAN PERATURAN DAERAH DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TENTANG PERUBAHAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH

DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

TAHUN ANGGARAN 2018

 

Disampaikan Pada Rapat Paripurna DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta

Hari Selasa, Tanggal 4 September 2018

 

 

Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh

Salam sejahtera untuk kita sekalian

Yang terhormat, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta

Yang kami hormati, Pimpinan Rapat Paripurna dan Pimpinan Dewan lainnya.

Yang kami hormati, Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta

Yang kami hormati, Sekretaris Daerah beserta para Asisten Sekretaris Daerah

Yang kami hormati, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemda DIY

Yang kami hormati, rekan-rekan Anggota Dewan

Yang kami hormati, rekan-rekan pers dan media massa lainnya

beserta para hadirin sekalian

 

Syukur alhamdulillaah, pada kesempatan in

i kita dapat menghadiri Rapat Paripurna DPRD DIY dalam keadaan sehat wal afiat.

Terima kasih kami sampaikan kepada Pimpinan Rapat Paripurna yang telah memberikan kesempatan kepada saya untuk menyampaikan Pemandangan Umum Fraksi Partai GOLKAR terhadap materi Bahan Acara Nomor : 32 Tahun 2018. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Gubernur DIY yang telah menyampaikan penjelasan atas Rancangan Peraturan Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta tentang Perubahan Anggaran Penadapatan dan Belanja Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2018, pada rapat Paripurna Dewan tanggal 3 September 2018 kemarin.

 

 

Rapat paripurna yang terhormat,

Sebelum memasuki materi pokok, Fraksi Partai GOLKAR terlebih dahulu ingin menyampaikan 2 hal, yaitu :

  1. Fraksi Partai GOLKAR dan seluruh jajaran Keluarga Besar Partai GOLKAR Daerah Istimewa Yogyakarta menyampaikan apresiasi yang setinggi – tinginya atas suksesnya penyelenggaraan Asian Games ke 18, baik sukses pelaksanaan berbagai event maupun sukses prestasi. Pelaksanaan Asian Games ke 18 dinilai sebagai salah satu yang terbaik sepanjang hajatan olah raga terbesar di Benua Asia.

Sukses prestasi para atlit Indonesia yang berhasil meraih 31 medali emas, 24 medali perak dan 43 medali perunggu adalah sebuah kebanggan bangsa Indonesia yang mampu menumbuhkan optimisme untuk melangkah lebih jauh lagi. Prestasi para atlit Indonesia telah berhasil menyatukan nurani bangsa, menghilangkan sekat – sekat perbedaan akibat suhu politik yang mulai menghangat. Olah raga berhasil menyatukan bangsa. Semoga sukses Asian Games ke 18 dapat berimplikasi positif pada penyelenggaraan event – event berskala nasional maupun tingkat di daerah. Olah raga mengajarkan sportifitas yang mestinya juga berlaku pada hal – hal lain diluar olah raga.

  1. Fraksi Partai GOLKAR mengucapkan Mangayubagyo kepada para jama’ah haji Daerah Istimewa Yogyakarta. Semoga semuanya mampu menggapai Haji Mabrur, dan mampu pula istiqomah menjaga kemabruran hajinya, serta mampu menjadi tauladan dilingkungan masing – masing.

 

Rapat paripurna yang terhormat,

 

Terkait dengan Penjelasan Gubernur atas Rancangfan Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah daerah Istimewa Yogyakarta Tahun Anggaran 2018, Fraksi Partai GOLKAR menyambut baik dan mendukung bertambahnya rencana Pendapatan maupun Belanja yaitu :

  1. Pendapatan yang semula Rp. 5.182.969.634.011,63 menjadi Rp. 5.286.226.855.847,71 ( bertambah 1,99 % ).
  2. Belanja yang semula Rp. 5.544.331.777.406,00 menjadi Rp. 5.608.293.291.985,89 ( bertambah 1,15 % ).

Sebelum nanti perangkaan dicermati oleh Komisi – Komisi dan dibahas lebih lanjut pada rapat kerja Badan Anggaran, ada beberapa hal yang kami mohonkan penjelasan terlebih dahulu, yaitu :

  1. Sebagiamana diakui bahwa salah satu permasalahan utama dalam Peningkatan Pendapatan Daerah adalah terbatasnya sumber – sumber pendapatan. Mohon penjelasan terperinci terkait dengan target kenaikan Pendapatan Asli Daerah, baik bersumber dari Pajak Daerah, Hasil Retribusi Daerah, Hasil Kekayaan Daerah yang dipisahkan, maupun lain – lain Pendapatan Daerah yang sah.
  2. Terkait dengan Perubahan Kebijakan Belanja, kegiatan apa sajakah yang merupakan arahan dari Pemerintah Pusat, dan kegiatan apa sajakah yang merupakan kesepakatan dengan pihak lain dan wajib dilaksanakan, sehingga harus dilakukan perubahan belanja ?
  3. Problem mendasar yang dialami oleh DIY saat ini adalah masih tingginya angka kemiskinan ( masih diatas rata – rata nasional ), kesenjangan pendapatan maupun kesenjangan wilayah. Bagaimana implikasinya dengan program dan kegiatan yang berdampak langsung pada upaya perbaikan 3 problem mendasar tersebut ?.

 

Rapat paripurna yang terhormat,

 

Demikian Pemandangan Umum Fraksi Partai GOLKAR. Atas perhatian dan penjelasannya diucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

FRAKSI PARTAI GOLONGAN KARYA

DPRD DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ketua, Sekretaris,
 

 

 

JANU ISMADI, SE   NURJANAH, SE
Juru Bicara
 

 

____________________

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.