Pansus BA 16 Dorong Masukan Pasal tentang Kawasan Sungai dalam Draf Raperda

Jogja, dprd-diy.go.id – Pada hari Jumat (01/09/2023), Pansus BA 16 yang dipimpin oleh Eko Suwanto, S.T., M.Si., mengadakan rapat kerja guna melanjutkan pembahasan pasal per pasal dari draf Raperda mengenai Rencana Tata Ruang dan Wilayah DIY tahun 2023-2043. 

Dalam pembahasan Raperda Rencana Tata Ruang dan Wilayah kali ini, Pansus menyoroti aspek kawasan sungai yang belum tercantum secara tegas dalam draf Raperda tersebut.

“Saya menganggap sungai ini agak diabaikan akibatnya kita nggak pernah urus sungai. Saya khawatir jika sungai tidak dijadikan secara eksplisit dalam kerja kita nanti pada tahun selanjutnya tidak akan terurus lagi” ucap Budi, salah satu anggota pansus BA 16 saat menyoroti pasal-pasal yang tertuang dalam BAB IV dari draft raperda ini.

Budi mengatakan bahwa dalam draft ini sungai belum menjadi perhatian sehingga pasal yang menjelaskan mengenai sungai dinilai tidak cukup kuat dan hanya sebatas arahan. 

Oleh karena itu, Budi menyarankan agar tim terkait melakukan konsultasi ke penyusun naskah akademik agar sungai di wilayah DIY memiliki landasan filosofi, budaya, dan tata ruang.

“Terkait dengan BAB VI, ada beberapa catatan. Yang pertama, mengenai tambahan pasal terkait kawasan sungai. Yang kedua, penajaman aspek tujuan. Yang ketiga, Penyesuaian kata dari ‘lepas pantai’ diganti menjadi ‘samudera hindia’ ”, tegas Eko selaku pimpinan rapat.

Di akhir pertemuan, Eko menyampaikan harapannya agar jajaran OPD terkait  bisa terbuka terhadap ide ide yang berkembang demi menuntaskan draft raperda ini. (gis)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*