Pansus BA 7 Tahun 2020 Bahas Agenda Kegiatannya

Jogja, dprd-diy.go.id – Menindaklanjuti dibentuknya Panitia Khusus (Pansus) Bahan Acara (BA) 7 Tahun 2020, pada Rabu (15/04/2020) diselenggarakan rapat kerja pansus yang pertama. Pada pertemuan ini dibahas mengenai penyusunan jadwal kegiatan pansus.

Atmaji menyampaikan bahwa akan diadakan rapat kerja bersama eksekutif beberapa kali untuk memberikan paparan. Pada rapat ini disepakati rapat kerja bersama eksekutif berlangsung pada tanggal 16 dan 22-24 April 2020.

Pada tanggal 20 April 2020 disepakati untuk diadakan rapat kerja guna mendengarkan paparan dari pakar. Salah satu tenaga ahli meminta untuk selalu dilibatkan dalam seluruh agenda agar tetap mengetahui dinamika yang terjadi di dalam rapat kerja pansus. Atmaji selaku ketua pansus menyetujui usulan dari tenaga akhi tersebut.

Setelah menimbang dan berkonsultasi, pansus sepakat untuk tetap melakukan kegiatan kunjungan dalam daerah. Kunjungan ini tentunya dilakukan untuk meninjau secara langsung beberapa lokasi yang memang harus ditinjau secara langsung, tentunya menggunakan protokol bepergian Covid-19. Kunjungan dalam daerah sendiri rencananya diadakan beberapa kali yakni pada tanggal 17, 20, dan 22-24 April 2020 dengan pembagian tugas pansus.

Pansus ini akan melewaati dua rapat paripurna yakni rapat paripurna penyerahan LHP BPK RI terhadap LKPJ DIY TA 2019 yang akan diselenggarakan pada 21 April 2020. Selanjutnya pansus akan melaporkan hasil kerjanya pada rapat paripurna tanggal 28 April 2020.

Hasil akhir dari kegiatan pansus ini adalah dibuatnya rekomendasi atas LKPJ Gubernur pada tahun anggaran 2019. Pansus akan melakukan penyusunan rekomendasi pada tanggal 27 April 2020. Atmaji sepakat bahwa dalam menyusun rekomendasi, tenaga ahli merumuskan sesuai bidangnya masing – masing yang telah dibagi sebelumnya.

Wahyu Pradana Ade, anggota pansus mengusulkan bahwa perlu  ada pencermatan kembali rekomendasi pada tahun sebelumnya. Hal tersebut dinilainya penting, untuk memadukan dan memasukan hal yang perlu ditelaah kembali dalam rekomendasi LKPJ Gubernur TA 2019.

Haryanta, Sekretaris DPRD DIY menjelaskan bahwa sebelumnya Pimpinan DPRD DIY dan Ketua Fraksi DPRD DIY telah menyepakati bahwa setelah mendengarkan paparan eksekutif, tenaga ahli dan pansus diberikan waktu untuk menyusun daftar inventarisasi masalah (DIM). Pada tanggal 22 April 2020 nanti baru akan dibahas dan ditanggapi untuk kemudian dapat mulai menyusun rekomendasi. Haryanta berharap agar rapat paripurna laporan hasil kerja dapat berjalan sesuai agenda yang telah disepakati.

“Dari Pimpinan (DPRD DIY) dan ketua fraksi menyepakati sisitem kerja di pansus ini adalah pada tanggal 16 mendengarkan paparan eksekti. Kemudian diberikan waktu kepada tenaga ahli dan pansus untuk menyusun DIM. Nanti akan dijawab pada tanggal 22 April 2020, setelah itu baru bisa dibuat kesimpulan rekomendasi. Diharapkan tanggal 28 April 2020 sudah bisa paripurna pansus melaporkan hasil kerjanya,” ungkap Haryanta. (fda)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*